Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Saturday, May 12, 2007

TINDAKAN, BERBICARA LEBIH KERAS DARIPADA KATA-KATA

Pernahkah Anda melihat atau mengetahui, bagaimana seorang pemimpin, sesepuh, tetua atau apapun sebutannya; seringkali masih kesulitan dalam hal memotivasi anak buahnya, atau pengikutnya untuk mau melakukan apa yang diinginkannya? Masih sering, para pengikut ini tidak memahami maksud perkataan pemimpinnya, meskipun sudah berulang kali dijelaskan. Maka, tahukah Anda, apa yang dilakukan kemudian oleh hampir semua pemimpin di dunia ini? Jawabannya hanya satu kata...BERTINDAK... Yah, para pemimpin dunia selalu memberikan contoh dari maksud ucapannya dengan bertindak...sekali lagi BERTINDAK. Barulah setelah itu, para pengikutnya memahami, dan dengan bersemangat segera melakukan tindakan-tindakan yang serupa dengan keinginan sang pemimpinnya.

Pemimpin memberikan contoh bertindak...pengikutnya cepat melakukan. Pemimpin hanya banyak bicara...pengikutnya akan bingung, loyo, tidak semangat...dan...masa bodoh... Ingatlah ini, "tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata". Sekeras apapun Anda berkata tentang melakukan sesuatu, masih sering orang mengabaikannya, "tidak mendengarnya". Tetapi jika Anda memberikan contoh dengan suatu "tindakan", maka itu lebih keras "kedengaran" pengaruhnya pada orang-orang untuk segera berbuat sesuatu, dan mereka akan segera bertindak dengan semangat membara mengikuti keinginan Anda.

Inilah intinya, segeralah bertindak... Sekarang saatnya bertindak! Seorang filsuf Yunani kuno, Sophocles pernah mengatakan, "Surga tidak pernah menolong orang yang tidak mau bertindak". Ungkapan tadi menyiratkan makna, bahwa tidak ada apapun yang akan terjadi dan menjadi lebih baik, jika tanpa tindakan; bahkan "surga" tidak mau membantu orang yang hanya duduk diam, menunggu, dan hanya berpikir-pikir terus tanpa segera bertindak. "Surga" adalah tempat tertinggi dalam "harapan" setiap manusia. Itu juga mengartikan, bahwa dengan "tindakan", bisa saja kita memperoleh harapan tertinggi kita, yaitu "surga".

"Tindakan" ini sesungguhnya sudah merupakan semacam "hukum universal", yaitu, bahwa tidaklah mungkin akan terjadi sesuatu, yang tanpa didahului dengan tindakan. Bola lampu listrik pun tidak akan bisa kita nikmati cahayanya, jika Thomas Alva Edison hanya memikirkannya, dengan tidak melakukan suatu "tindakan" eksperimen untuk membuatnya. Anda juga tidak bisa menggunakan komputer, melihat televisi, memakai telepon genggam, dan tidak mungkin bisa menikmati berbagai fasilitas dunia modern seperti sekarang ini; jika sebelumnya tidak ada orang yang mau melakukan tindakan untuk mewujudkan itu semua.

Jadi, sangatlah aneh, jika masih banyak diantara kita, yang sudah memahami hukum universal seperti tersebut di atas, kok masih saja "senang menunda-nunda". Sangat mengherankan, kebanyakan orang menyukai "penangguhan", mau menghabiskan banyak waktu dan tenaga, hanya untuk menghindar dari tindakan.

Padahal menurut saya, sebenarnya ada lebih banyak kepuasan batin, dan kesenangan dalam mengerjakan sesuatu, daripada diam tidak berbuat apa-apa. Penting di sini untuk Anda pahami, jangan menghindari tindakan, dan jangan suka menunda-nunda sesuatu hal atau pekerjaan apapun; karena itu akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda, menghabiskan energi diri Anda. Segera lakukan tindakan, karena dengan tindakan, Anda seperti mendapatkan tambahan energi yang tidak akan pernah habis. Tindakan Anda, akan membangun, dan mengembangkan semangat juang Anda, memperkuat daya juang Anda. Bertindaklah, karena dengan tindakan, Anda pasti akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Pasti!

Salam Luar Biasa Prima!

1 comment:

Anonymous said...

Benar pak Wur. Saya juga punya pengalaman pada saat saya menjadi Ketua OSIS di SMA saya. Namanya masih anak remaja, seringkali kalau ngadakan kegiatan, wah ribut melulu. Kalau ributnya itu dengan kerjaannya beres sih nggak pa pa. Wong ini ributnya, masing-masing anak gak mau ngerti tugasnya, alias nggak mau cepet ngerjain yang sudah jadi tugasnya. Padahal itu sudah disepakati saat rapat kegiatan. Akhirnya, saya coba ngasih tau dengan tindakan. Jadi, saya langsung ngerjain tuh semua tugas teman-teman anggota OSIS. Nah, ternyata begitu saya langsung turun tangan kerja bareng dengan mereka...ehh ya mereka akhirnya segera ngikuti saya, ngerjain tugasnya masing-masing. Jadi memang yang ditulis pak Wur ini sebuah kenyataan, bahwa TINDAKAN BERBICARA LEBIH KERAS DARIPADA KATA-KATA. Buktinya, anggota OSIS saya jadi mau kerja setelah saya beri contoh langsung dengan tindakan saya...mereka lebih bisa mendengar lho, dibandingkan saya hanya teriak-teriak saja. Trims.

Salam OSIS,
Agus