Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Friday, May 18, 2007

KISAH AWAL JADI PENULIS BUKU "BEST SELLER"

Saya dan Sahabat Saya, Mr. Po
Saya ingin sedikit bercerita, tentang bagaimana saya sampai "terjebak" menjadi seorang Penulis Buku, dan buku tulisan saya selalu dibeli orang alias "Best Seller". Begini ceritanya. Pada tahun 2004 sebenarnya saya sudah mencoba menulis sebuah buku, dan saya coba kirimkan Naskah Calon Buku saya itu ke Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO. Ternyata sangat lama sekali (sekitar 2 bulan sejak saya kirimkan) baru ada tanggapan dari Redaksi. Waktu itu yang kontak saya lewat telepon adalah Bu Tjandra, Staf Redaksi. Beliau memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan kualitas buku saya itu, kalau nggak salah Bu Tjandra ini menelpon saya sebanyak 2 (dua) kali, dengan beda harinya.

Kemudian, selang waktu 2 (dua) minggu, saya menerima kembali Naskah Calon Buku saya tersebut, yang sudah penuh "corat-coret" hampir di setiap halamannya. Bu Tjandra mencoba memberikan gambaran ke saya, bahwa buku yang dikehendaki oleh Penerbit semestinya "seperti begini lho". Nah, karena saya memang pada saat itu (tahun 2004) sedang sibuk-sibuknya mengurus bisnis saya yang harus semakin saya besarkan; maka saya jadi tidak punya "mood" lagi untuk "merevisi" Naskah Calon Buku saya tersebut, bahkan saya sudah buang Naskah itu beserta segala "corat-coret" di dalamnya. Lalu saya dengan cepat melupakannya, tidak ingin menulis buku lagi...lha wong baru menulis pertama kali, kok gak diterima langsung oleh Penerbit, ya..sudah, saya jadi malas untuk memulai lagi. (Ceritanya saya "ngambek", "nggondhok" gitu... semestinya kan nggak boleh gitu ya...)

Setelah "gagal" jadi Penulis, saya hanya fokus memikirkan berbagai bisnis yang harus saya kendalikan, supaya tidak "kacau" lagi seperti pada saat terjadi krisis moneter atau "Krismon". Nah, akhirnya saya benar-benar melupakan hal yang berkaitan dengan tulis-menulis itu...sampai bertahun-tahun kemudian....

Dan, singkat-ceritanya...kalau tidak salah ingat nih ye...pada bulan Juli 2006, jadi kurang lebih 2 (dua) tahun setelah saya membuang Naskah Calon Buku saya, gara-gara "ngambek" sama Redaksi Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO....

Pada bulan Juli 2006 itu, saya menghadiri sebuah Seminar yang diselenggarakan oleh Success Power Indonesia, dan waktu itu sebagai Pembicaranya adalah seorang Pakar Komunikasi dan Trainer di Bidang Public Speaking yaitu: Drs. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd atau lebih ngetop dipanggil dengan Mr. Po... Seminarnya saat itu bertempat di Hall Rumah Makan di Kawasan Bukit Golf Ciputra, Surabaya. Topiknya waktu itu: KOMUNIKASI YANG BERHASIL...

Dan, sesuatu terjadi di sana...bukan materi seminarnya, tetapi sebelum seminar dimulai; diadakan acara Makan Siang bersama Pembicara bagi Peserta Seminar VVIP. Di sinilah sebuah "transformasi diri" tiba-tiba saya rasakan. Pembicara Seminar, yaitu Drs. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd atau Mr. Po, duduk di sebelah kiri saya; mengajak berbincang-bincang dengan ramah, bercerita tentang bagaimana dia dulu memulai menulis buku, yang juga diterbitkan oleh ELEX MEDIA KOMPUTINDO...dan lain-lain cerita ringan seputar kisah para penulis buku.

Nah, ternyata saya begitu meresapi "obrolan" dengan Mr. Po ini. Benar-benar saya resapkan, semua kisah tentang suka-duka para penulis buku. Saya mencoba mengambil hikmah positif dari kisah Mr. Po, dan apalagi, setelah saya ceritakan bahwa saya juga pernah menulis buku pada tahun 2004, tapi ditolak Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO; dan saya merasa "kapok", "jerah"... eehh dia malah ketawa, katanya, "Ditolak berapa kali sih kok sudah kapok?" Wah, mau jawab berapa kali ya enaknya, saya merenung sebentar. Saya berpikir, jika saya jawab baru ditolak sekali...wah saya malu, masak ditolak sekali saja sudah mundur, sudah kapok. Maka, saya jawab waktu itu, kalau Naskah Calon Buku saya itu sudah "bolak-balik" dikembalikan ke saya sebanyak 4 (empat) kali...padahal sebenarnya baru sekali saja dikembalikan ke saya lho (maaf ya Mr. Po...terpaksa "bohong" ke Anda...gara-gara rasa malu neh...hehehe)

Nah, di sini Mr. Po memberikan Motivasi ke saya, lha baru dikembalikan 4 X saja kok sudah nyerah (padahal saya sudah nyerah saat naskah saya dikembalikan...ya cuma sekali itu..hehe..). Beliau ini begitu antusias memberikan arahan ke saya untuk menjadi Penulis; dan yang penting lagi bagi saya adalah: saya merasakan ketulusan hatinya saat memberikan motivasi untuk terus menulis pada diri saya. Inilah sebuah "transformasi diri" yang saya rasakan...kembali punya hasrat membara untuk bisa jadi Penulis Top.

Yaa...hasrat membara atau "passion" inilah yang mengubah saya, yang sudah malas untuk menulis buku...menjadi sangat bersemangat tinggi untuk segera menghasilkan karya tulisan di buku, sehingga bisa dibaca oleh banyak orang, bisa berbagi dengan sangat banyak kalangan masyarakat. Ini yang saja jadikan sebagai "pemicu" untuk terus melanjutkan menulis buku-buku untuk umum. Dan, memang motivasi dari Mr. Po sungguh meresap di hati-sanubari saya, karena saya merasakan ketulusan yang mendalam dari beliau ini saat memberikan wejangan agar saya juga bisa jadi Penulis yang dikenal minimal se-antero Indonesia.

Akhirnya, jadilah saya kembali menulis buku dengan topik lain lagi, karena Naskah Lama yang ditolak Penerbit "sudah raib" entah ke mana. Dan, secara berturut-turut terbitlah buku-buku saya, yang sejak saya kirimkan lagi ke Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO, bisa langsung diterbitkan...tanpa harus direvisi "bolak-balik" ke saya; seperti pada umumnya Penulis Baru jika mau menerbitkan bukunya lewat Penerbit dalam Kelompok GRAMEDIA ini. Nah, saya tidak pernah mengalami revisi naskah pada saat saya kirimkan Naskah Calon Buku Pertama saya pada Awal September 2006.

Selanjutnya, Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO me-launching Buku Pertama saya yang berjudul "The Touch of Super Mind" di Jakarta, pada tanggal 22 Oktober 2006...dan...pada Awal November 2006, Buku Pertama saya ini naik Cetakan Kedua...sungguh Luar Biasa Prima! Karena saya sendiri belum sempat sekali pun ke Jakarta terkait dengan Buku Pertama saya tersebut, tapi Buku itu sudah "jalan dengan sendirinya".

Kemudian buku-buku saya semakin mudah saja untuk diterima oleh Penerbit. Buku Kedua saya berjudul "Super Mind for Successful Life" juga sudah diterbitkan pada Akhir Pebruari 2007, dan katanya juga sudah naik Cetakan Kedua pada Awal Maret 2007. Kemudian Buku Ketiga saya dengan judul "The 21 Principles to Build and Develop Fighting Spirit" pasti diterbitkan pada Awal Juni 2007.

Kisah saya jadi Penulis Buku-Buku Nasional ini bukan untuk pamer atau riya', tetapi semata-mata untuk berbagi dengan Anda yang membacanya. Siapa tahu bisa membawa manfaat bagi Anda, khususnya yang ingin jadi Penulis Top juga. Begitu lho...

Salam Luar Biasa Prima!

3 comments:

Praseno Nugroho said...

Salam kenal Pak Wuryanano...

Saya Praseno ...., begini pak saya tertarik sekali dengan kisah bapak saat menulis buku pertama...

langsung saja ke pertanyaan saya

Saya juga ada keinginan untuk menulis buku, tetapi saya punya ketakutan tersendiri..., yang mana ketakutan itu membuat saya tidak menulis-nulis....

ketakutan itu adalah...apakah buku yang akan diterbitkan oleh pihak Gramedia Group, kita sebagai penulis harus membayar sejumlah uang agar buku kita diterbitkan???

mohon maaf pertanyaan saya terkesan lancang...

Terima kasih buat jawabannya
Salam Sukses Luar Biasa
Praseno Nugroho
praseno_nugroho@yahoo.com

Ratu Tien said...

Hebat ya Bapak ini.. salut !!
Saya saat ini sedang menulis materi training tentang couching and counselling yang diperuntukkan bagi line leader produksi di kantor saya.
Rasanya saya sudah putus asa sekali (saya mencoba membuat sudah 2 bulan ini), karena materinya belum juga selesai-selesai.
Hambatannya banyak.. mulai dari marah karena saya merasa bukan kapasitas saya untuk membuat materi, sampai ketidak mengertian saya
dengan materi yang sedang saya buat (ini yang parah sekali ya Pak.. gak ngerti kok ya dipaksa buat.. hiks...)
Anyway.. senang sekali bisa menjadi seseorang yang seperti Bapak ini.

Salam
Tien
ratu-tien.supriyatin@mattel.com

Ponijan Liaw said...

Salam Luar Biasa Prima,

Aku jadi isen lo Pak. Hehehe. ANyway, bgs lo cara penulisannya. Sistematis dan jujur. Selamat ya.

Salam Ibu dan anak2.

Sukses luar biasa prima Pak.

Best regards,
Ponijan Liaw
Managing Director
The Energetic People Development Center (The EPDC)
Tel. 021 - 7000.9568, Faks. 021 - 535.0951, HP. 0811.96.8384

Miliki Buku Bestsellers karya Ponijan Liaw:
1. The Art of Communication that Works - Komunikasi yang Berhasil.
2. Understanding Your Communication Styles - Memahami Gaya Komunikasi Anda.
3. Simplify Your Life with Zen - 35 Kisah Zen untuk Menyederhanakan Masalah Hidup.
4. Accelerate Your Success with Zen - 50 Kisah Zen untuk Mempercepat Sukses.
5. Unleash Your Inner Power with Zen - 50 Kisah Zen untuk Memaksimalkan Potensi Diri.
Penerbit : Elex Media Komputindo
(epdc@central.net.id)