Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Monday, May 14, 2007

MAU BISNIS? MULAILAH SEKARANG JUGA!!...JUST DO IT!!




BISNISKU: PETERNAKAN AYAM & SUPERMARKET
Banyak orang menginginkan punya bisnis sendiri, tetapi mengapa hanya sedikit orang yang bisa mewujudkan keinginannya itu? Sebenarnya hanya ada satu alasan, kenapa hanya sedikit orang yang bisa mewujudkan keinginannya itu; yah – sedikit orang itu ternyata punya senjata untuk yang dinamakan "keberanian". Sesungguhnya modal utama untuk memulai suatu bisnis sendiri adalah "keberanian". Sedangkan hal-hal lainnya sebenarnya bisa menyusul belakangan.

Memulai bisnis sendiri memang harus siap dengan segala resiko yang akan terjadi nanti. Seorang Entrepreneur harus selalu siap menghadapi resiko apapun itu, yang akan menghambat jalan roda bisnisnya. Ini dibutuhkan sebuah "keberanian".

"Keberanian" dalam hal ini punya arti luas sekali. Keberanian dalam berpikir di luar jalur pemikiran orang-orang kebanyakan. Berani memikirkan hal-hal yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain. Berani berpikir ke luar dari jalur berpikir logika rasional. Berani dicemooh atau diremehkan orang lain. Yah – "keberanian" inilah yang tidak semua orang mempunyainya.

Jika Anda sudah terbersit sebuah keinginan untuk memulai bisnis sendiri, segera lakukanlah; pupuklah keberanian Anda, jangan ragu-ragu untuk memulainya, langsung saja take action. Kalau keinginan untuk berbisnis sudah menggoda Anda, langsung saja lakukan tindakan ke arah sana, jangan terlalu banyak berteori dan berhitung-hitung. Hal itu bisa Anda lakukan sambil jalan menekuni bisnis baru Anda.

Apalagi yang kurang? Keberanian? YA... Jika hal ini masih Anda rasakan, saya bisa memberikan saran istimewa, yaitu "lakukan saja". Yah – Anda harus segera melakukan apa yang masih menjadi kekhawatiran atau ketakutan Anda. Jika Anda ingin berbisnis dan masih ragu-ragu atau khawatir atau takut, langsung lakukan saja – just do it; maka keraguan, kekhawatiran atau ketakutan itu akan lenyap seketika, dan digantikan oleh keberanian. Setelah "keberanian" untuk berbisnis ini sudah menguasai Anda, sembari menjalankan bisnis, Anda tinggal melengkapi saja dengan berbagai ketrampilan yang dibutuhkan.

Pokok terpenting untuk memulai bisnis disini adalah: "keberanian", hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda segera saja memulai bisnis sendiri, jangan terlalu berhitung dulu di awal memulainya, nanti Anda malah terlalu banyak berteori; sehingga Anda bahkan tidak berani segera memulai bisnisnya. Lakukan saja langsung dan Anda akan berani berbisnis.

Ingatlah, memulai suatu bisnis ibaratnya membuat sebuah bola salju, kemudian kita coba menggelindingkannya; mungkin di awal-awal masih belum begitu terlihat mencolok perubahannya, tetapi coba gelindingkanlah terus bola salju itu; maka semakin lama dia akan semakin membesar dan terus bertambah besar – seperti itulah hukum bisnis. Jika Anda tekun menjalankannya, maka akan semakin besar pula bisnis yang Anda jalankan. Ketekunan dalam menggelindingkan atau menjalankan roda bisnis inilah yang akan menjadikan bisnis Anda semakin besar. Jadi kuncinya, segera mulailah berbisnis, jangan ragu-ragu dan tekunlah dalam menjalankannya, sehingga bisnis Anda akan semakin besar dan semakin kuat.

Nah, setelah Anda sudah memiliki keberanian untuk berbisnis sekarang juga; berikut ini saya sampaikan sebuah Konsep Kewirausahaan, yang sudah dituliskan sebelumnya oleh para konseptor bisnis berdasarkan kenyataan di dunia bisnis sesungguhnya. Begini bunyinya:

Konsep Dasar Kewirausahaan:
  • Suatu proses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi) dan membuat sesuatu berbeda dari yang sudah ada (inovasi), yang tujuannya adalah tercapainya kesejahteraan individu dan nilai tambah bagi masyarakat. (RAYMOND KAO)
  • Suatu usaha untuk menciptakan nilai, melalui suatu Peluang bisnis dengan mengambil Resiko yang tepat serta melalui ketrampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisasi sumber daya manusia (SDM), modal dan barang; guna suatu keberhasilan. (JOHN KAO)
Salam Luar Biasa Prima!

2 comments:

HENDRO DARSONO said...

Memang benar, Mas, keberanian untuk memulai sesuatu seringkali menjadi kendala bagi banyak orang (mungkin juga termasuk saya sendiri).
Salam Luar Biasa Prima!
Saya jadi teringat 'Salam Dahsyat!' yang sering diucapkan salah satu tokoh motivator di Indonesia.
Sukses terus, Mas! Saya salut dengan Anda.

Anonymous said...

Kalau gw memang gak pernah takut nyoba bisnis sendiri. Kadang ya jatuh bangun juga, tapi gak pa pah. Emang bisnis kan gitu, kadang di bawah kadang di atas. Tapi kita harus upayakan lama atau tetap di atas. Jangan cepat gampang turun..ntar stres deh..
Bagus,
Yang Niu
yang_niu@yahoo.com