Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Monday, January 14, 2008

Rencana BISNIS dan Rencana SUMBER DAYA MANUSIA


Berdasarkan pengalaman saya yang sudah lebih dari 15 tahun berbisnis sendiri, bangun... jatuh... bangun... bangun... dan bangun terus (hehehe...jelas lebih banyak bangun nya dong); ternyata sangat erat kaitannya, antara perencanaan bisnis dan perencanaan sumber daya manusia nya. Agar perencanaan bisnis berhasil, maka rencana tersebut harus dikaitkan dengan perencanaan sumber daya manusia nya. Demikian pula sebaliknya, agar perencanaan sumber daya manusia bisa berhasil, maka itupun harus dikaitkan dengan strategi rencana bisnis.


Saya juga menyadari, bahwa perencanaan itu sesuatu yang sangat sulit, khususnya jika hal tersebut mengenai masa depan! Hakikat utama dari perencanaan sumber daya manusia, itu meliputi suatu proses meng-antisipasi masa depan yang tidak menentu, dengan membuat beberapa asumsi untuk mendukung ketidak-menentuan tersebut.


Itulah bentuk kesulitan itu...membuat perencanaan, yang kadang bisa membuat bisnis kita jatuh. Oleh karena itu, saya coba menuliskan beberapa hal yang setidaknya harus diingat pada saat Anda membuat suatu perencanaan bisnis berkaitan dengan perencanaan sumber daya manusia nya, seperti di bawah berikut ini:



  • Memiliki sasaran jelas. Ini suatu kewajiban yang harus dilakukan pada awal proses perencanaan. Anda harus membuat sasaran-sasaran yang tepat dan memastikan bahwa sasaran-sasaran itu berkaitan dengan visi-misi perusahaan Anda.

  • Klarifikasikan asumsi-asumsi Anda. Tulislah asumsi Anda yang berkaitan dengan individu di dalam perusahaan, seperti waktu, kultur, gaya kepemimpinan, sasaran pemasaran, sasaran pertumbuhan, dsb; sehingga perencanaan sumber daya manusia yang Anda rencanakan tersebut bisa berfungsi. Lakukanlah penelitian dengan berbicara kepada orang-orang di dalam perusahaan, mencari apa yang mereka lihat sebagai kebutuhan, dan menentukan masalah apa yang mereka hadapi; yang mungkin dapat dibantu dengan perencanaan sumber daya manusia. Cobalah juga dengan melakukan studi banding ke perusahaan-perusahaan lainnya, dan berbicara dengan konsultan bisnis.

  • Buatlah cakrawala perencanaan. Berapa lama menurut Anda, waktu yang dianggap cukup untuk perencanaan strategis sumber daya manusia? Penting untuk diperhatikan adalah: 1) dimanakah posisi bisnis Anda sekarang; 2) dimanakah harapan bisnis Anda akan berada pada 3 tahun mendatang?; 3) dimanakah posisi cashflow bisnis Anda pada akhir tahun ketiga tersebut? Anda juga boleh saja membuat kerangka waktu yang lebih lama lagi.

  • Libatkan semua orang posisi kunci di dalam proses. Libatkanlah semua leader, dan manajer perusahaan Anda di dalam proses berkesinambungan sistem sumber daya manusia ini; meskipun rancangan awalnya hanya dilakukan pada tingkat pimpinan puncak dan owner.

  • Kenali masalah-masalah strategi sumber daya manusia. Pengenalan dan analisis masalah strategi sumber daya manusia di dalam perusahaan ini berkaitan dengan pencapaian rencana usaha. Termasuk di dalamnya adalah menganalislis pembuatan rencana perusahaan, dan perkiraan kebutuhan tenaga kerja dan jabatan-jabatan nya.

  • Kenali kebutuhan pelatihan pegawai. Perlu analisis masalah operasional perusahaan untuk kebutuhan pelatihan di masa datang, menentukan sasaran pelatihan dan membuat program-programnya, termasuk percepatan pengalaman.

  • Rencana pengembangan pegawai kunci dan suksesi. Ini sangat penting diperhatikan buat orang-orang posisi kunci di perusahaan Anda. Hal ini perlu untuk mengenalkan posisi baru kepada para calon pengganti yang sudah disiapkan untuk pergantian jabatan.

  • Membuat anggaran. Pembuatan anggaran ini mudah saja untuk dilakukan, jika segala hal di atas tentang rencana bisnis berkaitan dengan sumber daya manusia ini sudah benar-benar dipersiapkan dengan matang, terencana secara tertulis.

  • Mengkaji ulang (review) hasil awal. Apa yang telah Anda capai setelah melakukan tindak lanjut dari perencanaan Anda? Perlu diingat, bahwa suatu sistem sumber daya manusia itu merupakan suatu pertumbuhan logis dari siklus perencanaan bisnis. Dan, bahwa perencanaan sumber daya manusia adalah suatu proses berkesinambungan yang terbentuk dari rencana bisnis. Pada gilirannya nanti, Anda bisa mengubah unsur-unsur programnya, berdasarkan pengalaman-pengalaman bisnis selanjutnya, kemudian Anda bisa selalu memperbaiki proses untuk tahun-tahun berikutnya...di sepanjang perjalanan bisnis Anda.



Selamat merencanakan bisnis dan sumber daya manusia di perusahaan Anda. Semoga sukses!



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 comment:

Karyono said...

Salam Kenal Pak Nano,

Karyono
Sby