Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Monday, November 26, 2007

DO'A SUKSES: MEMAHAMI DIRI SENDIRI SECARA LEBIH BAIK...


Kebanyakan dari kita ini, belum sanggup untuk memahami suatu fakta, bahwa sesungguhnya kita ini diciptakan oleh Allah dengan suatu tujuan. Allah menciptakan manusia di dunia ini, bukan asal mencipta saja, tetapi Allah punya tujuan, yaitu agar manusia bisa menyemarakkan dunia dan bisa menjadi "khalifah" di muka bumi ini. Hal penting yang perlu dipahami di sini adalah, sesuatu yang diciptakan, tentunya harus diciptakan untuk suatu sebab. Inilah yang harus Anda renungkan, bahwa Anda ada di dunia ini pasti untuk suatu maksud.


Sesungguhnya Allah telah memberikan kita suatu bentuk kehidupan, sehingga tujuan kita hendaknya menghasilkan kesuksesan darinya, yang mana kesuksesan itu hanya dapat diukur dengan cara membandingkan apa yang benar-benar sudah kita capai, dengan apa yang secara potensial sesungguhnya sanggup kita capai. Masing-masing dari kita telah diciptakan untuk suatu maksud, suatu tujuan, suatu alasan; tetapi jika kita tidak mengetahui apakah itu, atau apakah yang kita inginkan, maka sumber daya potensi kita yang sebenarnya, yang belum dimanfaatkan pasti akan tetap "menganggur", belum bisa memberikan manfaat nyata bagi kita sendiri.


Penting perlu Anda pahami di sini adalah, di dalam setiap diri kita terdapat potensi, yang menunggu untuk dimanfaatkan atau digunakan. Ibaratnya, Anda mempunyai sebuah komputer tipe terkini dan canggih dengan kapasitas besar, tetapi Anda belum memahami secara penuh, bagaimana cara mengoperasikannya; maka dengan demikian, Anda belum atau tidak dapat memanfaatkan kemampuan dari kapasitas penuh komputer Anda. Ini sama halnya dengan diri kita sendiri.


Cobalah Anda mengingat masa-masa sekolah atau kuliah dulu. Mungkin dulu Anda pernah berpikir, bagaimana Anda bisa melakukan sesuatu hal baru, yang pada awalnya terasa berat, tetapi pada akhirnya Anda bisa juga melakukannya, bahkan Anda bisa menikmatinya. Saat itu, setiap Anda diperintahkan oleh guru atau dosen Anda untuk mempelajari hal baru, biasanya Anda berkata: "Bagaimana saya dapat melakukan itu?" Namun, setiap kali Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan hal baru itu, maka Anda akan mendapati bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya, dan bisa menikmatinya. Dan, sekali saja Anda berhasil mencapainya, maka Anda tidak akan pernah lupa bagaimana caranya.

Untuk bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik, maka Anda harus menyadari bahwa Anda mempunyai potensi tak terbatas di dalam diri Anda. Dan, Anda harus dan mau untuk benar-benar mengerahkan segenap energi Anda, seperti saat Anda masih kecil belajar berjalan; berkali-kali jatuh tetapi tetap mau berusaha terus untuk selalu bangkit berjalan lagi, sehingga akhirnya Anda bisa benar-benar berjalan.


Inilah sebenarnya rahasianya: potensi diri Anda harus dikeluarkan sepenuhnya, sehingga bisa benar-benar ditampilkan. Jangan menggunakan batasan-batasan tertentu pada potensi Anda ini, karena itu akan membuat Anda merasa tidak memadai atau tidak sanggup melakukan sesuatu hal. Anda mempunyai kemampuan untuk berprestasi pada tingkat-tingkat tertentu dalam hidup Anda, setidaknya dalam satu bidang kehidupan Anda jika Anda bisa menemukan dan menggerakkan potensi Anda sepenuhnya.


Sebelum do'a sukses Anda panjatkan kepada Tuhan, kenali diri Anda terlebih dulu. Siapakah diri Anda sejatinya? Tahukah Anda, apa yang Anda inginkan dalam hidup ini? Tahukah Anda, arah mana yang akan Anda ambil? Bagaimanakah Anda mendefinisikan diri Anda ini?


Bisakah Anda menjawab pertanyaan tersebut? Berhentilah sejenak, dan coba pikirkan hal itu. Anda pasti dapat memberikan jawaban yang benar, jika Anda memikirkannya. Gunakan waktu beberapa menit untuk menuliskan apa saja yang terlintas di pikiran Anda, tentang siapa Anda ini.


Anda bisa menentukan identitas Anda dengan menilai tindakan-tindakan Anda sendiri, dan selalu waspada terhadap apa yang Anda lakukan. Manusia memang makhluk paling sempurna diantara makhluk lain ciptaan Tuhan. Akan tetapi, kita bukanlah suatu makhluk yang lengkap. Masing-masing dari kita masih harus belajar mengembangkan diri lebih lanjut dengan usaha kita sendiri, karena jika tidak, maka kita bisa kehilangan kapasitas kemampuan untuk berkembang.


Berkembang dalam pengertian ini berarti pengembangan kualitas-kualitas batin dan pikiran kita; sebuah langkah untuk berevolusi menjadi lebih baik. Melalui cara mengevaluasi diri sendiri ini, akan memungkinkan Anda mengetahui batas-batas diri dan menemukan potensi diri Anda sendiri. Inilah yang harus Anda pahami terlebih dulu, sebelum Anda berdo'a, karena kebanyakan orang hanya biasanya mengucap do'a tetapi bahkan tidak mengerti makna esensi utama dari do'anya sendiri.



Salam Luar Biasa Prima

Wuryanano

1 comment:

Laksono said...

iyo mas...
tibak e awak dewe sak almamater...
salam kenal mas