Dear All,
Sepengetahuan saya, sangat banyak berbagai seminar tentang manajemen waktu, juga banyak buku, brosur, film dokumenter, dan artikel mengenai pengelolaan waktu seperti di Blog Saya ini, yang pada prinsipnya semua itu memberikan pengetahuan kepada kita semua tentang bagaimana bekerja dengan lebih cerdik!... bukan dengan bekerja lebih keras!
Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah Anda sudah benar-benar menerapkan semua informasi tentang pengelolaan WAKTU ini di dalam kehidupan Anda sendiri? Anda sudah membaca berbagai macam buku dan artikel manajemen waktu, menghadiri berbagai seminar tentang bagaimana mengelola waktu dengan baik - apakah semuanya itu sudah Anda terapkan di dalam kehidupan Anda sehari-hari?
Berbagai survey mengenai hal-hal yang dianggap sebagai "pemboros waktu", maka diketahui ada 15 macam hal utama pemboros waktu, yaitu:
- Ganguan telepon.
- Tamu datang tanpa perjanjian.
- Rapat (terjadwal ataupun tidak terjadwal)
- Keadaan genting atau darurat.
- Tidak adanya tujuan, prioritas, dan rencana.
- Keraguan dan penundaan.
- Mencoba terlalu banyak sekaligus.
- Meja yang semrawut, dan disorganisasi pribadi.
- Tidak adanya disiplin diri.
- Pendelegasian yang tidak efektif.
- Tidak menyelesaikan tugas tepat waktu.
- Tidak ada atau tidak jelasnya komunikasi atau instruksi.
- Informasi tidak cukup, tidak tepat atau terlambat.
- Tidak mampu berkata "Tidak".
- Tanggung jawab dan wewenang yang membingungkan.
Kelimabelas daftar pemboros waktu tersebut tadi bisa sebagai acuan Anda, untuk introspeksi diri dengan jujur, apakah salah satunya atau beberapa dari daftar itu atau bahkan seluruhnya memang menjadi pemboros waktu Anda selama ini. Atau mungkin Anda ingin menambahkan lagi daftar berikutnya? Hehehe...
Dalam kehidupan ini , seringkali ada perbedaan besar antara bagaimana kita berpikir bahwa waktu telah kita habiskan dengan kenyataan aslinya. Sebagian besar dari kita, jika ada kendala manajemen waktu, maka selalu saja ada alasan untuk menyalahkan orang lain atau faktor di luar diri sendiri.
Ini karena kebanyakan orang tidak tahu, bagaimana sebenarnya mereka menggunakan dan menghabiskan waktu mereka! Barangkali hal ini juga merupakan petunjuk dari kecenderungan alamiah manusia untuk mencari dulu sumber masalah di luar diri kita sendiri! Kesimpulan ini sekaligus juga memberikan arti, bahwa MENGELOLA WAKTU itu sesungguhnya lebih kepada bagaimana MENGELOLA DIRI SENDIRI.
Di bawah ini ada semacam TEST, berisi sepuluh pernyataan yang mencerminkan prinsip mengelola waktu dengan baik dan diterima secara umum. Jawablah setiap pernyataan ini, dengan melingkari salah satu pilihannya, sebagai hal yang paling mencerminkan diri Anda. JUJURLAH pada saat menjawabnya, karena tidak ada orang lain yang tahu kecuali diri Anda sendiri. (dari "Working Smart" karangan Prof. Michael LeBoeuf - University of New Orleans)
1. Setiap hari saya menyisihkan sedikit waktu saya untuk merencanakan, berpikir tentang pekerjaan saya.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
2. Saya menetapkan sasaran spesifik dan tertulis serta batas waktunya.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
3. Saya membuat "daftar harian" yang harus dikerjakan, mengatur masalah dalam urutan kepentingannya, dan berusaha melakukan yang terpenting secepat mungkin.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
4. Saya mengetahui peraturan 80 - 20 dan saya gunakan dalam pekerjaan saya. (Hukum Pareto ini menyatakan bahwa 80% dari keefektifan Anda, biasanya berasal dari hanya mencapai 20% dari sasaran Anda).
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
5. Saya memakai rencana yang tidak ketat, untuk menghadapi krisis dan hal tidak terduga.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
6. Saya mendelegasikan apa saja yang dapat saya delegasikan kepada orang lain.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
7. Saya mencoba menangani setiap carik kertas hanya sekali.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
8. Saya makan siang sekedarnya saja, supaya tidak mengantuk setelah makan.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
9. Saya berusaha dengan aktif untuk mencegah gangguan (tamu, rapat, telepon) yang biasa selalu mengacaukan hari kerja saya.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
10.Saya mampu berkata "Tidak" kepada orang lain, atas permintaan "waktu saya" yang sekiranya bisa menghambat saya untuk menyelesaikan tugas.
...... 0. Hampir tidak pernah 1. Kadang-kadang 2. Sering 3. Hampir selalu
Perolehan Nilai Anda dengan angka pilihan sebagai berikut:
- Nilai 3 untuk setiap "Hampir selalu"
- Nilai 2 untuk setiap "Sering"
- Nilai 1 untuk setiap "Kadang-kadang"
- Nilai 0 untuk setiap " Hampir tidak pernah"
Jumlahkan! Jika perolehan Nilai Anda:
0 - 15 ...... Berpikirlah untuk mulai mengelola waktu Anda.
16 - 20 .... Anda sudah bertindak baik, tetapi masih perlu ditingkatkan.
21 - 25 .... Sangat baik.
26 - 27 .... Unggul Luar Biasa Prima.
28 - 30 .... Anda bohong!!!
Ingatlah, MENGELOLA DIRI SENDIRI semestinya selalu diusahakan di setiap saat dengan penuh komitmen dan disiplin, sehingga Anda tidak menemui banyak kesulitan pada saat ingin mengelola waktu Anda dengan baik. Inilah sebenarnya INTI dari MANAJEMEN WAKTU.
To be continue......
Salam Luar Biasa Prima!
Wuryanano
5 comments:
Assalamu'alaikum
Selamat siang mas Nano...
Time Management?, banyak sekali pelatihannya tuh, untuk berbagai jenis industri, berbagai level jabatan, hingga porsi akademisi, banyak sekali.
Tapi banyak yang fail mengaplikasikannya atau terlalu kaku dalam penerapannya, sehingga berdampak buruk terhadap kinerja proses management itu sendiri.
Cara anda mengulas bagus sekali, strict to the point, sangat applied buat para perintis bisnis, krn mereka perlu definisi lugas, to the point dan sederhana, tdk perlu mengutip menurut "pakar-yadi" bla-bla-bla, (yg kadang pakarnya sendiri gak pernah praktek), just kidding.
Btw saya ada ide menulis buku, saya pikir ini adalah yg pertama dan belum ada saat ini, yaitu tentang marketing, dalam bahasa yang lugas dan sederhana untuk dibaca publik dan para pebisnis, sangat bisa diaplikasikan dan berdasarkan kejadian nyata sehari-hari, tapi tetap memenuhi kaidah akademisnya.
Kalau berkenan, saya ingin berjoin dengan anda menulis buku tersebut, saya akan masukan ulasan akademis dan text book contentnya dipadu pengalaman praktis saya dan anda sebagai seorang konsumen, sampeyan mengulas dan mengedit dalam bahasa yg komunikatif dan lugas sesuai "kepiawaian" mas Nano sebagai pembicara luar biasa yg juga sudah menulis buku yg luar biasa. Saya tahu mas Nano akan tersinggung atau tertawa terpingkal2 membaca permintaan saya, pasti berkata deh dalam hatinya; "siapa sih elo, nekat amat ngajak gw nulis bareng!!!", becanda mas Nano
Kan saya lagi coba jurus ajaran teman2 di mastermind TDA nih, nekat man....hehehehe :)
Bagaimana, mas Nano?, saya tunggu kabarnya via japri ya; to my email aja: denids1@yahoo.com
Wassalam
Deni Danasenjaya
Kalau YM dan bikin postingan melulu mestinya masuk pemboros waktu juga ya.. :P Btw, blognya menarik nih. Salam kenal!
Setelah membaca postingan bapak, ternyata masih banyak pemborosan waktu yang saya lakukan!!!Terima kasih tipsnya
Salam Kenal
Tatsuo
Setelah membaca postingan bapak, ternyata masih banyak pemborosan waktu yang saya lakukan!!!Terima kasih tipsnya
Salam Kenal
Tatsuo
Artikel yang menarik pak,
banyak org yg tdk tahu akan hal ini,
saya jd tahu ttg saya,
terima kasih
Post a Comment