Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Tuesday, December 11, 2007

PETUNJUK Sukses Mengelola Waktu...


Dear All,




Kita semua mempunyai total waktu sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Tetapi banyak diantara kita merasa selalu kekurangan waktu pada saat bekerja. Akibat dari itu adalah banyaknya orang menderita ketegangan syaraf, stres, bahkan ada yang sampai depresi.


Sebenarnya, bisa saja hal tersebut diatasi dengan cara mengelola waktu sebaik-baiknya. Dan, supaya memperoleh sebanyak mungkin dari hari kerja Anda, ada satu cara benar, yaitu: Pusatkan perhatian pada tugas prioritas tertinggi saat ini!


Terapkanlah sebuah kebiasaan ini: MENGERJAKAN YANG TERPENTING SEKARANG. Segera tentukan mana yang terpenting sekarang ini, dan langsung praktek kan untuk TETAP FOKUS pada hal itu ke dalam kehidupan kerja Anda.


Beberapa langkah sederhana ini bisa membantu Anda, agar sukses mengelola waktu:


Tetapkan Sasaran Anda dengan Jelas


# Buat rencana terinci dan pastikan bahwa Anda paham untuk mencapainya. Tanpa kejelasan dan rincian pada rencana Anda...maka bersiaplah untuk bingung sendiri.



Uraikan Sasaran & Tetapkan Prioritas Anda


# Ingatlah fakta ini: "Sasaran adalah jumlah dari berbagai tugas!" Oleh karena itu, untuk mencapai sasaran, Anda harus menguraikannya menjadi beberapa tugas, kemudian mengaturnya menurut urutan prioritas.



Tinjaulah Kembali Prioritas Anda


# Perlu dipahami di sini, bahwa "Life will never be the same...Life is changing". Sehingga sangat tidak mungkin untuk meramalkan apa yang akan terjadi nanti. Hampir dapat dipastikan, bahwa akan timbul sesuatu yang memaksakan PENGATURAN KEMBALI dari PRIORITAS pada hari itu. Nah, Anda harus berjaga-jaga terhadap kemungkinan tersebut. Setiap hari hendaknya Anda menyusun daftar prioritas Anda, dan tinjaulah kembali sesuai dengan kemajuan selama ini.



Periksalah Keberhasilan Anda


# Selalu periksalah di akhir hari, sampai dimana Anda sudah berhasil mengelola waktu. Lihatlah daftar prioritas terakhir Anda, yang paling akurat!



Organisasikan Diri Anda


# Pastikan, bahwa Anda memiliki KETRAMPILAN ORGANISASIONAL yang sudah memadai. Kembangkanlah ketrampilan ini secara berkesinambungan. Dan, Anda bisa melatihnya lewat beberapa petunjuk mendasar ini:


  • Selalu membuat Catatan: Jangan hanya bergantung pada ingatan Anda. Tulislah informasi penting, dan simpan di tempat yang pasti Anda lihat.


  • Sentuhlah Catatan Anda & Periksalah: Kertas catatan dalam bentuk surat, dokumen, laporan dsb; tidak dimaksudkan untuk didiamkan saja tergeletak tanpa makna...di atas meja Anda. Meja Anda hanya sebagai "pemberhentian sementara". Oleh karena itu, tentukan tujuan akhir dari setiap kertas catatan Anda...untuk ditindak-lanjuti atau dibuang ke tempat sampah!


  • Sikapi Gangguan secara positif: Anda harus belajar untuk hidup dengan dan menangani gangguan. Gangguan adalah bagian yang tetap dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan ini. Pertimbangkanlah kegunaan dari setiap gangguan itu sendiri. Cobalah selalu mengkaji prioritasnya! Misalnya saat Anda bekerja, kemudian ada telepon masuk...cobalah pikirkan, apakah telepon masuk tersebut sangat penting dan berkaitan dengan pekerjaan Anda? Jika tidak penting...singkat saja pembicaraan telepon Anda.


So, memang manajemen waktu sangat berguna bagi peningkatan kualitas hidup kita secara keseluruhan.



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

4 comments:

Dody Naftali said...

Setuju Pak Nano. Kalau saya tidak bisa menentukan prioritas dengan
baik, pekerjaan malah jadi terlihat banyak dan membingungkan.

Sebagai tambahan, Jika Pekerjaan yang Terpenting ternyata banyak atau lebih dari satu. Maka, selanjutnya pilih yang paling gampang (dari yang terpenting).

"Dody Naftali"
(dnaftali@yahoo.com)

Margie April said...

Trims ya Pak. Tips Bapak sangat cocok dengan kerapuhan saya dalam time management. Sukses!!!

"Margie April"
(mj_iu_april@yahoo.com)

harry 'uncommon' purnama said...

Mas Nano di Surabaya yang bijak,
benar sekali Mas! saya sependapat.

Saya jadi ingat 7Habits by Stephen Covey, habit "FIRST THING FIRST" atau making priority in LIFE, agar tidak "hectic" yang stressfull.

So many thanks for reminding me again.
Salam luar biasa prima!

'Kaya bukan tujuan akhir'
salam mulia, salam mulai,
harry uncommon purnama
http://uncommon-leadership.blogspot.com/
washyourhand-subscribe@ yahoogroups.com
021.715.87.887, 0813.8286.3949

dhealove said...

nderek langkung, jan setuju tenan kalih panjenengan kula, sip.