Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Saturday, June 21, 2008

MEDITASI Pembersihan AURA DIRI


Setelah Anda menguasai Teknik Dasar Meditasi, maka Anda bisa melakukan Teknik Meditasi Pernafasan, dengan jalan mengatur pernafasan Anda sesuai dengan Teknik Pernafasan Gabungan. Coba Anda baca kembali mengenai Teknik Pernafasan Dasar. Sekarang saatnya saya ajarkan bagaimana Teknik Meditasi Pembersihan Aura Diri Anda.


MEDITASI Pembersihan Aura Diri


  • Duduklah di atas kursi atau bersila di lantai, atau terserah dimana saja tempatnya; yang penting buatlah diri Anda nyaman saat berada di tempat pilihan Anda. Aturlah posisi tulang belakang Anda tegak lurus sampai kepala. Letakkan kedua tangan Anda di atas lutut sedemikian rupa dengan telapak tangan menghadap ke atas, usahakan otot-otot lengan Anda dalam keadaan kendur, rileks. Rasakanlah seluruh otot tubuh Anda dalam keadaan kendur, rileks semua; dalam keadaan istirahat.

  • Sekarang pusatkan pikiran, perhatian, dan perasaan Anda pada kedua telapak tangan Anda. Biarkan kedua mata Anda menutup dengan perlahan-lahan secara otomatis. Anda jangan menutup mata dengan cepat dan dipaksakan, tetapi biarkanlah mata Anda menutup dengan rileks, hayatilah itu.

  • Sesudah kelopak mata Anda tertutup, koreksilah posisi duduk Anda; tulang belakang Anda harus tetap tegak lurus, sehingga mulai kepala, leher sampai tulang ekor Anda dalam keadaan lurus. Seluruh otot tubuh Anda juga harus dalam keadaan rileks dan nyaman. Usahakanlah tetap di posisi ini dan jangan bergerak-gerak lagi. Meskipun seandainya Anda merasakan "nyeri" atau "kesemutan" pada bagian-bagian tubuh Anda, abaikan saja. Perhatian Anda jangan sampai beralih ke hal-hal yang dirasakan mengganggu ini. Tetaplah dalam posisi dan kondisi Anda.

  • Kemudian pusatkan perhatian Anda ke telapak tangan, tetapi mata Anda jangan ikut melirik ke telapak tangan; biarkan kedua mata Anda rileks, hanya perasaan Anda saja ditujukan ke hidung. Rasakanlah masuk dan keluar udara nafas Anda. Biarkanlah nafas berjalan secara alami, jangan diatur-atur dulu. Biarkanlah nafas masuk dan keluar lewat hidung, sampai tidak terasa jalannya pernafasan itu; semua perhatian dan perasaan tertuju pada hidung Anda.

  • Setelah Anda terbiasa dengan masuk dan keluar nafas ini secara alami; langkah berikutnya mulailah Anda mengatur nafas Anda dengan "teknik pernafasan gabungan". Lakukanlah hal ini sampai Anda terbiasa sehingga pernafasan gabungan ini menjadi bekerja secara alami. Ini memerlukan sedikit waktu lagi.

  • Sekarang rasakanlah adanya suatu proses perputaran hawa energi. Rasakanlah getaran atau tenaga dari luar yang masuk ke dalam tubuh Anda lewat jalan nafas di hidung. Kemudian rasakan getaran atau tenaga yang sudah masuk itu berputar-putar di dalam tubuh Anda, masuk ke setiap bagian organ tubuh Anda – rasakanlah itu. Rasakanlah bahwa tenaga atau getaran itu masuk ke dalam paru-paru, jantung, hati, ginjal, lambung, pancreas, usus, sumsum tulang Anda, ke dalam otot – daging, otak, semua panca indera dan segenap bagian dari organ tubuh Anda. Rasakanlah secara bertahap dan jangan terburu-buru, hayatilah dan ikutilah perjalanan tenaga atau getaran itu dengan tenang dan rasakan sampai Anda mendapatkan suatu perasaan puas, lega sekali.

  • Kemudian dengan segenap perasaan, emosi dan kekuatan imajinasi, arahkanlah jalan energi getaran itu ke setiap organ tubuh Anda dengan benar-benar yakin. Anda boleh mengarahkan jalan energi itu masuk meresap ke dalam organ-organ tubuh yang dikehendaki. Dan yang sekiranya menurut Anda perlu mendapatkan energi lebih banyak, Anda bisa mengalirkan energi ke organ tubuh itu lebih banyak juga. Selama proses mengalirkan energi ini, Anda tetap harus yakin dengan segenap perasaan, emosi dan kekuatan imajinasi Anda.

  • Setelah menurut Anda sudah cukup mengalirkan energi di setiap organ tubuh; sekarang rasakanlah keluarnya getaran atau tenaga itu menembus pelan-pelan ke luar tubuh Anda lewat kedua telapak kaki Anda. Rasakanlah sampai mencapai tahap proses ini beberapa kali, sehingga Anda merasakan kelegaan.

  • Kemudian lakukan lagi penghayatan proses seperti di atas, tetapi rasakan proses keluarnya getaran atau tenaga itu menembus pelan-pelan ke luar tubuh Anda, lewat kedua telapak tangan Anda. Lakukan juga proses ini beberapa kali.

  • Lalu ulangi lagi proses seperti tersebut di atas, tetapi sekarang dengan merasakan proses keluarnya getaran atau tenaga tadi lewat ubun-ubun kepala Anda. Hal ini juga lakukan beberapa kali.

  • Sekarang rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh Anda seperti tadi, kemudian keluar lagi dari dalam tubuh Anda, lewat lubang pori-pori di seluruh tubuh Anda. Rasakanlah seluruh proses masuk dan keluarnya dengan penghayatan dan perasaan Anda sepenuhnya. Lakukan hal ini beberapa kali.

  • Kemudian pusatkanlah perhatian dan perasaan Anda pada hidung kembali. Rasakan masuk dan keluarnya udara nafas lewat hidung. Rasakanlah ketenangan dan kepuasan dalam tubuh Anda. Rasakanlah kedamaian dan kebahagiaan Anda.

  • Akhirnya, rasakanlah seluruh tubuh Anda kembali bertenaga penuh seperti sedia kala. Rasakanlah kesegaran tubuh Anda kembali. Sadarilah diri Anda berada di dalam ruangan semula. Setelah seluruh tubuh Anda bertenaga dan merasa segar kembali seperti keadaan sebelum Anda melakukan meditasi, dan Anda juga sudah sadar sedang berada di dalam ruangan Anda sendiri; bukalah perlahan-lahan mata Anda. Sekarang meditasi Anda sudah selesai.


CATATAN:

Lakukan teknik latihan ini dengan kemauan dan keyakinan tinggi. Pahami benar cara-caranya seperti yang diuraikan di atas. Jika Anda merasakan diri Anda seperti berada di suatu tempat asing, kemudian tubuh Anda terasa seringan bulu melayang-layang; jangan khawatirkan itu, tetaplah teruskan latihan ini sampai selesai. Apa yang Anda rasakan seperti itu hanya menandakan bahwa Anda sudah benar melakukan cara-caranya. Jika belum, lakukan lagi dengan tekun sampai bisa dan terbiasa.



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 comment:

harry 'uncommon' said...

Wah enak segar sekali rasanya, selama weekend ini meditasi & yoga di rumah..makasih, PAK NANO kiriman guidance-nya ini.

Semoga terus dikirimi lagi tips-tips praktisnya untuk memanage pikiran dan perasaan dalam rangka "mengasah gergaji"..Jika ditambah praktek vegetarian, jadi tambah powerful dampak kesehatannya bagi jiwa dan raga.

Kebetulan saya non-smoker (sejak lahir) & vegetarian (sejak 1986)..

harry 'uncommon'
Uncommon Leadership Ind
Soft-skill Training
021.715.87887, 0813.8286.3949
http://uncommon-leadership.blogspot.com/