Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Thursday, April 10, 2008

KAKAKKOKKUKUKUKUKAKIKAKIKAKEKKAKAKKAKUKAKUKAK


Dear All,


Yaa... Anda tidak sedang membaca bahasa makhluk planet luar angkasa, pada judul posting artikel ini. Hahaha...saya pun tidak asal ketik begitu saja terhadap judul artikel ini. Judul artikel ini sebenarnya salah satu bentuk permainan humor, pada saat saya memberikan pelatihan mengenai "Komunikasi yang Efektif".


Meskipun saya tidak pernah belajar secara khusus bagaimana ilmu komunikasi itu, tetapi berdasarkan pengalaman hidup saya yang sudah jalan 44 tahun ini...saya tahu bagaimana cara berkomunikasi secara efektif. Saya selalu mempelajari segala sesuatu yang terjadi di sepanjang kehidupan saya ini, termasuk diantaranya adalah cara berkomunikasi yang baik dan efektif.


Entah disadari atau tidak, kebanyakan dari kita ini dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain kadang-kadang tidak mau mengerti...apakah orang penerima pesan itu mengerti atau tidak, dengan gaya penyampaian kita. Padahal makna komunikasi adalah apa yang kita informasikan kepada orang lain, itu semestinya bisa dimengerti dan dipahami sepenuhnya oleh si penerima informasi kita, ya kan?


Anda pasti ingin, sesuatu yang Anda sampaikan kepada orang lain, entah itu suami, istri, anak-anak, rekan kerja, atasan, pimpinan, bawahan, pegawai Anda...bisa dimengerti dan dipahami oleh mereka ini. Karena jika pesan yang Anda sampaikan tidak dimengerti dan tidak dipahami, maka pesan Anda itu akan menjadi bias artinya.


Sehingga itu membuat pesan Anda menjadi tidak efektif dan tidak berguna...dan itu sering bisa membuat Anda jengkel, marah, stress, dan berpikir bahwa si penerima pesan itu orangnya "telmi" alias "telat mikir"...hehehe... Bukankah begitu?


Nah, saya memberikan contoh sederhana saja, tentang gaya penyampaian pesan yang menyulitkan orang lain untuk bisa menangkapnya...apalagi memahaminya, sebagaimana kalimat seperti judul artikel saya ini.


KAKAKKOKKUKUKUKUKAKIKAKIKAKEKKAKAKKAKUKAKUKAK... coba kalimat tersebut Anda ucapkan cepat tanpa jeda sama sekali. Cobalah mengucapkannya sesuai tulisan saya itu. Sayang saya tidak bisa memberikan contoh pengucapannya, seperti saat saya memberikan pelatihan, karena ini kan saya ungkapkan dalam bahasa tulis. Tapi coba saja Anda membacanya sesuai tulisan saya saja ya. Bagaimana kedengarannya?


Kalau di ruang kelas pelatihan saya, kedengarannya seperti ini: hahahahahaha.... lho kok ketawa sih? Lha iya lah, karena para peserta pelatihan menjadi geli sekali, ketika saya meminta mereka untuk mengulangi apa yang barusan saya ucapkan. Mereka semua 100% tidak ada yang bisa mengulangi ucapan saya (padahal ada 45 orang lho) ...apalagi memahaminya, meskipun sampai saya ulang dua kali mengucapkannya. Tetap saja mereka menjawabnya dengan hahahahaha... ketawa lagi...ketawa lagi...


Memang contoh kalimat yang saya buat itu hanyalah sebagai penyegar suasana saja, guyonan gitu. Tetapi itu memiliki kekuatan pengingat bagi mereka, agar lebih bijak dan tepat pada saat berkomunikasi dengan orang lainnya. Lha dengan contoh kalimat sederhana seperti ini saja mereka tidak bisa menangkap dengan jelas, bagaimana nanti jika yang disampaikan adalah suatu informasi penting...yang harus bisa ditangkap, dimengerti dan dipahami oleh orang lain? Jelas itu bisa mengakibatkan dampak negatif yang tidak kita inginkan bukan?


Ok, saya ulangi kalimat contohnya dalam bahasa tulis ini: KAKAKKOKKUKUKUKUKAKIKAKIKAKEKKAKAKKAKUKAKUKAK... coba Anda mengulanginya lagi. Apakah Anda sudah bisa memahaminya? Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah bisa menangkap arti kalimat yang seperti bahasa makhluk planet luar angkasa ini.


Kalimat tersebut, akan saya pisahkan sesuai pengertian sebenarnya sebagai berikut: KAKAK-KOK-KUKU-KUKU-KAKI-KAKI-KAKEK-KAKAK-KAKU-KAKU-KAK. Atau kalau menggunakan bahasa tulis yang lebih bagus seperti ini: "Kakak, kok kuku-kuku kaki-kaki Kakek Kakak, kaku-kaku, Kak?"


Nah, Anda bisa melihat, bagaimana sebuah informasi bisa menjadi efektif atau sebaliknya, membuat orang yang menerimanya menjadi bingung, tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan berkaitan dengan informasi yang diterimanya itu. Semuanya bergantung pada bagaimana cara penyampaiannya.


Kadangkala ada orang yang berbicara memberikan informasi yang isinya sebenarnya baik, tetapi jika cara bicaranya tidak bisa menyesuaikan dengan orang yang diajaknya berbicara, maka isi informasi yang baik itu bisa saja terbuang percuma...karena tidak dimengerti oleh si penerima informasi itu. Apalagi kalau informasinya disampaikan dengan gaya bicara yang super cepat, secepat kecepatan suara...waduuhh... It's useless...gitu. Semoga artikel ini useful...



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

7 comments:

Hartati Nurwijaya said...

Assalammu'alaykum wrwb,

Judul yang sangat lucu dan menarik orang membacanya.

Membuat judul saja sudah stau bukti Pak Wur ahli berkomunikasi.

Anonymous said...

Dear Mas Wuryanano,

Saya mengenal KAKAKKOKKUKUKUKUKAKIKAKIKAKEKKAKAKKAKUKAKUKAK sedari kecil, untuk becanda2an.

Menyenangkan sekali, Anda dapat memodifikasi menjadi bahan pembelajaran (komunikasi yang efektif) yang kena sasaran.


Semoga semakin banyak lelucon2 tempoe doeloe yang dapat Anda angkat kembali dengan motif sebagai media belajar kita semua, Amin. Sukses selalu untuk anda!!!



Regards,

Perdanawan P. Pane

+62 817 8 13 7 82

+62 21 9280 5275


pane.danny@gmail.com

http://perdanawan.multiply.com/

Anonymous said...

Waahahahaha. ... Terus terang saya ndak nyangka kalau tulisan itu bisa
dibaca. Semula saya pikir cuma asal ketik aja. Sekarang bukan hanya
bisa membacanya, saya malah hafal tulisannya.

Point pentingnya, memang terkadang kita kurang mampu menyampaikan
keinginan atau informasi kepada audiens. Tapi kayaknya artikelnya
bersambung deh. Soalnya baru membahas masalah, belum penyelesaian.

Ayo pak Wur, lanjuuuuttt. ..

Salam,
Lutvi Avandi

Anonymous said...

Hahahaha...

Memang benar yang ditulis Pak Wuryanano, saya sampai berulang dan pelan-pelan mengeja sampai bisa mengerti maksud dan arti pesan tersebut.

Dalam keseharian memang sering saya baru sadari telah melakukan komunikasi yang dipaksakan terhadap lingkungan sekitar.

Semoga pembelajaran dari Bapak dapat mengubah cara berkomunikasi saya. Amin.

Matur nuwun Pak Nano.

Hidayat Putra Jaya
http://keuanganku-hidayat-peje7.blogspot.com/

Anonymous said...

Artikel bagus Pak Wuryanano, jadi inget main-main kata model wong Jowo: Lor Rel Kidul Rel... coba diulangi 3 kali aja pasti ancur

Atau kreasi saya:
Utara Tali Selatan Bara

Salam penuh kreatif
Regards,
Supriyadi
081-3939-1-319-2

http://galih-apisemangat.blogspot.com

Anonymous said...

Selamat siang,

Menarik sekali "Ngakak"-nya Mas.

Sharing saya, kunci efektif dalam berkomunikasi adalah berbicaralah di "sepatu orang lain" dan Carl Roders mengatakan, efektifitas seseorang dalam berkomunikasi di mulai dari ketrampilannya dalam mendengar.

Salam Maxwell,

Parlindungan Marpaung
Certified Trainer John C. Maxwell - Motivator
#1 Best Selling Author : "Half Full Half Empty"
And "Fulfilling Life"
Contact : 0812 235 4736
(parthy@bdg.centrin.net.id)

Anonymous said...

Bagaimana cara menghindarkan salah pengertian dalam berkomunikasi?
Walaupun kita sudah merasa berkomunikasi dengan baik dan benar tetapi ternyata kadang terjadi salah pengertian juga.