Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Tuesday, April 29, 2008

PLACEBO Entrepreneur? Apakah itu?


Dear All,


Melanjutkan tulisan-tulisan saya tentang entrepreneurship dengan segala mitos nya, maka kali ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat "fenomena entrepreneur" yang menarik juga untuk diamati. Fenomena entrepreneur ini saya sebut saja sebagai PLACEBO ENTREPRENEUR. Istilah "Placebo Entrepreneur" ini memang istilah karangan saya saja, tetapi ini sangat berkaitan dengan semakin maraknya semangat entrepreneurship di negeri ini.


Anda tentu pernah mendengar atau membaca tentang istilah "Placebo" bukan? Ya, ini sebuah istilah berawal dari kisah seorang dokter yang kehabisan obat, kemudian dia memberikan "obat palsu" yang hanya berupa "gula-gula" kepada si pasien, dan sang dokter memberikan keyakinan dan motivasi, bahwa "obat palsu" dari dokter itu sangat ampuh bisa cepat menyembuhkan penyakit si pasien. Sehingga si pasien bisa sembuh dari penyakitnya, dengan hanya meminum "obat palsu" tersebut. Nah, inilah yang disebut dengan "Placebo Effect" yang memberikan arti sebagai sebuah efek yang menguatkan motivasi diri si pasien untuk cepat sembuh dari penyakit nya.


Sebagai seorang entrepreneur, saya juga melihat bahwa "Placebo Effect" ini juga terjadi di dunia entrepreneurship negeri ini...mungkin juga di negeri lainnya. Adanya efek atau dampak semacam "Placebo" ini saya pikir akibat dari begitu marak nya seminar maupun workshop tentang entrepreneurship yang diselenggarakan pada masa sekarang ini.


Yaa, memang efek placebo ini adalah efek positif yang membangun motivasi diri untuk menjadi lebih baik dan lebih berkualitas dalam menjalani kehidupan sebagai seorang entrepreneur. efek placebo akan sangat membantu seseorang untuk tetap optimis, bahkan semakin percaya diri, semakin percaya kemampuan dirinya untuk bisa menjadi entrepreneur sukses.


Adanya berbagai testimonial atau kesaksian sukses di berbagai seminar dan workshop entrepreneurship, semakin menguatkan efek placebo ini di dalam diri para peserta. Hal ini juga menguatkan diri seseorang untuk bisa menjadi entrepreneur sukses, menjadi seperti seseorang yang telah memberikan testimonial sukses itu. Tentu saja ini sesuatu hal baik sekali, karena efek placebo ini membuat seseorang sangat yakin akan meraih kesuksesan...seperti kisah si pasien yang yakin cepat sembuh tersebut di atas.


Sebagaimana tulisan saya sebelumnya, bahwa ternyata ada saja TESTIMONIAL PALSU di dalam suatu seminar atau workshop entrepreneurship, yang mungkin tujuannya adalah untuk memotivasi peserta agar bersemangat menjadi entrerpeneur dan bisa sukses...tetap saja menurut saya TIDAK BISA DIMAKLUMI...meskipun tujuannya mungkin untuk motivasi.


ADA BEDA PRINSIP MENDASAR, antara OBAT PALSU dari dokter pada kisah di atas, dan TESTIMONIAL PALSU yang diberikan seseorang di panggung seminar atau workshop. Anda tahu perbedaan mendasarnya? Ok, saya mencoba menguraikannya agar mudah dimengerti.


OBAT PALSU:


  • Pasien sudah mengenal betul, siapa Dokter yang didatanginya untuk mendapatkan obat bagi kesembuhan penyakitnya. Tentu saja, dengan berbekal keyakinan dia pada Dokter tersebut, yang sudah dikenal kehebatannya dalam menyembuhkan penyakit, maka si Pasien juga sangat yakin bahwa apapun yang diberikan sang Dokter pasti bisa menyembuhkan penyakitnya. Karena "track record" kehandalan sang Dokter sudah dia ketahui. Oleh karena itu, meskipun yang diberikan sang Dokter adalah "obat palsu" maka si Pasien tetap saja yakin bahwa itu bisa menyembuhkan dirinya dari penyakitnya. Dan, si Pasien sembuh.


TESTIMONIAL PALSU:


  • Peserta seminar atau workshop entrepreneurship, mungkin pada awalnya tidak mengetahui secara jelas, bagaimana sebenarnya si pemberi testimonial. Pada awalnya, mungkin saja takjub dan ikut bersemangat setelah mendengar kesaksian atau testimonial sukses dari seseorang itu. Tetapi, pada saatnya...peserta akan mencari tahu, siapa sesungguhnya sang pemberi testimonial sukses itu. Bagaimana aslinya "track record" sukses dari sang pemberi testimonial tersebut. Saya percaya, sangat mudah saja untuk mengungkap jati diri sebenarnya sang pemberi testimonial sukses itu. Dan, jika si peserta seminar atau workshop ini akhirnya mengetahui aslinya sang pemberi testimonial sukses...yang ternyata hanyalah testimonial palsu, maka Anda pasti bisa menduga akibatnya bukan? Yaa, tentu saja berakibat kekecewaan diri si peserta, karena ternyata testimonial itu bukanlah yang sesungguhnya...alias PALSU. Sehingga efek placebo yang diharapkan muncul dari para peserta menjadi hilang...dan...digantikan dengan efek yang saya sebut sebagai ANTI PLACEBO. Yaa, "anti placebo effect" akan berakibat kebalikan 180 derajat dibandingkan dengan "placebo effect"...sangat bertolak belakang!



So what?


Kembali ke topik utama, PLACEBO ENTREPRENEUR, adalah seseorang yang sangat yakin akan sukses seperti kesaksian atau testimonial sukses yang benar-benar asli dan jujur apa adanya, yang diberikan oleh seorang entrepreneur sejati. Meskipun bisnis sang entrepreneur ini masih sangat kecil, tergolong bisnis mikro...itu justru bisa menimbulkan efek placebo yang luar biasa prima! Seseorang justru akan semakin termotivasi dan terpacu untuk semakin berkembang dalam bisnisnya, berdasarkan kisah sukses sejati yang sesungguhnya, dari mulut seorang entrepreneur sejati. Dan, menjadikan dirinya sebagai Placebo Entrepreneur.


Tetapi sebaliknya, jika seseorang mendengarkan kisah sukses yang hanya bersifat memotivasi, tetapi tidak benar secara keseluruhannya...karena hanya testimonial palsu, apalagi ada tujuan "narsisme" di dalamnya, maka itu juga akan diketahui aslinya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Ini bisa berakibat kekecewaan bagi yang mendengarkan kisah sukses palsu ini.


Dan, dampak atau efeknya jelas berkebalikan 180 derajat, bukannya para peserta bisa menjadi sosok entrepreneur sejati yang semangat meraih sukses...melainkan mereka justru tidak berani dan tidak percaya diri, akibat mengetahui bahwa sang pemberi testimonial ternyata bukan memberikan testimonial yang sebenarnya...alias memberikan testimonial palsu! Dan, mereka ini saya sebut saja sebagai ANTI PLACEBO ENTREPRENEUR...yaitu seorang entrepreneur yang mengalami "Demotivation" akibat testimonial palsu tersebut.


Dibutuhkan kebijaksanaan bagi setiap penyelenggaraan seminar, training atau workshop entrepreneurship untuk selalu memberikan yang terbaik berupa testimonial sukses asli BUKAN testimonial sukses palsu...meskipun beralasan untuk memotivasi, TETAP TIDAK BISA DIMAKLUMI jika testimonial sukses tersebut palsu adanya.


Anda ingin berperan serta dalam menggerakkan semangat entrepreneurship, dan membangkitkan para calon entrepreneur untuk terus berkarya dan berkembang secara positif, maka lakukanlah dan berikanlah segala hal yang sesungguhnya dan sebenarnya, bukan yang palsu...sehingga akan semakin memberikan "Placebo Effect" bagi para calon entrepreneur ini, sehingga mereka bisa semakin bersemangat untuk berkembang dan bertumbuh...selayaknya PLACEBO ENTREPRENEUR.



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

2 comments:

Atika said...

Assallamu'alaikum Pak.

Salam kenal, senang sekali mengunjungi Blog Anda, sangat memotivasi saya.

Sukses selalu Pak. Mudah2an ada workshop-nya di Kediri, biar tambah semangat para Entrepreneur di Kediri dan sekitarnya
Trims..

Atika
http://anandacollection.blogspot.com/

joseph hartanto said...

Saya sangat setuju dengan ulasan Bapak ttg Placebo Entrepreneur, dan hal itu juga yang selama ini selalu saya coba hindari jika saya sharing di EU.

Dahsyat selalu! Tulisan2 anda sangat inspiratif! Sukses selalu pak.

Thx. Pak Wur buat pencerahan dan penegasannya, ternyata saya tidak sendirian.

Salam,
Joseph Hartanto