Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Sunday, September 2, 2007

MAKNA SUKSES SEJATI?...


Dari berbagai ungkapan definisi sukses yang berbeda-beda untuk setiap orang, maka saya coba memberikan sebuah pengertian sukses yang mungkin cocok untuk kita semua, yaitu: "sukses adalah jika kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa merugikan orang lain dan kita bisa menerimanya dengan senang hati, kemudian kita bisa membantu banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita dengan rasa belas kasih dan tulus ikhlas dengan penuh rasa puas". Inilah definisi sukses menurut saya, dan saya yakin banyak orang setuju dengan definisi sukses ini. Bagaimana menurut Anda?

Cobalah Anda cermati firman Allah di dalam Al-Qur'an, Surat Al-Kahfi, ayat 30 berikut ini: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, tentunya Kami tidak akan mengabaikan orang-orang yang melakukan perbuatan baik (itu)". Bayangkan, betapa sangat baiknya kehendak Allah untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang suka beramal saleh, orang-orang yang senang memberi dan membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Jika Allah sudah berfirman dan berjanji, pasti Dia melaksanakan janji-Nya tersebut.

Orang sukses memang semestinya tidak hanya merasakan manfaatnya bagi diri sendiri. Orang sukses seharusnya memang tidak memikirkan dirinya sendiri. Orang sukses seharusnya tidak menjadikan dirinya seorang yang egois. Yah - orang sukses semestinya bisa berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya. Orang bisa dikatakan sukses, jika dia bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar tempat dia tinggal, dan bisa saja lebih meluas jauh dari tempat tinggalnya. Anda bisa disebut sukses, jika orang lain di sekitar Anda juga bisa ikut merasakan kebahagiaan sukses yang Anda rasakan itu. Ingatlah dengan janji Allah sebagaimana tersirat di dalam ayat suci tersebut di atas.

Sebaliknya, jika Anda telah mendulang sukses secara materi dengan pola hidup berkelimpahan, tetapi orang-orang di sekitar Anda merasakan hal yang bertolak belakang dengan Anda. Banyak diantara mereka butuh pertolongan Anda, tetapi Anda merasa berat untuk mengulurkan tangan membantunya, maka dalam hal ini Anda masih belum bisa disebut sebagai orang sukses - ini karena Anda masih hanya bisa memikirkan diri sendiri. Anda masih sangat egoistis, tidak mau melihat kepada orang-orang yang memang membutuhkan bantuan dari Anda. Orang sukses tidak pernah merasa berat membantu sesama yang benar-benar memerlukan uluran tangan kita.

Makna sukses sesungguhnya adalah jika pemahaman tentang sukses, antara diri kita dengan kehendak Allah, telah "seiring dan sejalan". Dengan kalimat lain, jika kita mau mendengarkan dan menjalankan petunjuk dari Allah tentang bagaimana cara kita untuk berbuat kebaikan di muka bumi ini, maka sudah tentu bisa dipastikan...kita bakal segera mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan sejati. Jadi, Anda akan memperoleh sukses sejati kalau keinginan Anda dan keinginan Allah sudah "kompak"...jika keinginan Allah dan keinginan Anda sudah "sejalan".

Salam Luar Biasa Prima!

7 comments:

Arina69 said...

Saya ada juga menulis tentang teknik kawalan minda. Artikel Anda bagus. Salam kenalan, silakan ke site saya untuk membaca artikel tentang intuisi, motivasi, kuasa penarikan dll.

Arina69

Syafrein Effendiuz said...

Salam Cak Wuryanano.
Yo opo kon rek. Anda hebat sekali, pengusaha dan motivator. Saya bisa banyak belajar dari anda. Sukses.

Saya ingin jajak pendapat dari sobat-sobat Indonesia dlm konteks hubungan Malaysia - Indonesia. Bagaimana pendapat peribadi anda.

Syafrein Effendiuz
[http://sekilas.blogspot.com]

Arif Wijaya said...

Hanya satu kata: "SETUJU".
Dan saya sedang take action ke arah sana.

Arif Wijaya
(fafa_jaya@yahoo.co.id)

emanrais said...

Salam kenal buat mas Wuryanano. Tulus, sungguh blog yang berbobot. Aa duduk manis lagi ya mas, mo nyimak lagi nih. Abis rasanya rame.

Bambang Sumantoro said...

Pak Wur,

Saya setuju uraian bp, yang kesimpulannya pas .
Sebenarnya kesimpulan bp tersebut juga ada ayat yaitu surat ke 98 Al Bayyinah.
Yang lebih pasnya adalah bahwa yang dinamakan hamba/orang yang sukses adalah ketika seseorang sudah sampai pada kondisi” Allah ridho kepada mereka dan merekapun ridho kepada-Nya“ ( rodhiyallaahu anhum wa rodhu anhu )



Semoga ada manfaatnya



Salam


Sumantoro
(solkrete@cbn.net.id)

Dompas said...

Cak Wur tulisannya udah saya siarkan di http://majalah.dompas.net/?p=6 Terima kasih.

Dompas

meraih sukses said...

saya sangat sepakat dengan artikel ini, saya juga senang menulis artikel tentang sukses. Terima kasih Pak sudah berbagi!