Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Saturday, September 15, 2007

KIAT SEHAT ALA RASULULLAH S.A.W...


Assalamu'alaikum Wr. Wb,


Dear Sobat Sekalian,

Sudah tahu, atau masih ingatkah Anda bahwa Rasulullah sebenarnya telah memberikan tauladan Beliau yang luar biasa prima, yaitu mengenai cara menjaga kesehatan lahir dan batin kita.

Agar kita ingat, maka di bawah ini Saya tuliskan 7 (tujuh) hal utama cara sehat ala Rasulullah:


1. BANGUN PAGI

*** Rasulullah SAW selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum Subuh. Melaksanakan Sholat Sunnah dan Sholat Fardlu...Sholat Subuh Berjama'ah. Ini sungguh bermanfaat bagi kita, yaitu: # memperoleh pahala berlimpah dari Allah SWT, # memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan, # Segarnya udara Subuh sangat bagus untuk kesehatan.


2. AKTIF MENJAGA KEBERSIHAN

*** Rasulullah SAW senantiasa selalu rapi & bersih. Tiap hari Kamis atau Jum'at, Beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. "Mandi pada hari Jum'at adalah wajib bagi setiap orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman". (H.R. Muslim)


3. TIDAK BANYAK MAKAN

*** Rasulullah SAW bersabda: "Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar, dan bila kami makan, tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)". (Muttafaq Alaih).

*** Di dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda, yaitu: sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air, dan sepertiga lainnya untuk makanan. Bahkan ada satu tarbiyah khusus bagi umat Islam dengan adanya Puasa Ramadhan untuk menyeimbangkan kesehatan.


4. JALAN KAKI

*** Rasulullah SAW selalu berjalan kaki ke Masjid, ke Pasar, Medan Jihad, mengunjungi Rumah Sahabat, dsb. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka, dan peredaran darah semakin bertambah lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.


5. TIDAK PEMARAH

*** Nasihat Rasulullah SAW: "Jangan Marah...Jangan Marah...Jangan Marah", diulang sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim, bukanlah terletak pada fisik belaka. Tetapi lebih jauh lagi, yaitu: dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.

*** Ada terapi yang tepat untuk menahan dan mencegah amarah:

>>>>Mengubah posisi ketika marah. Jika berdiri, maka duduklah. Jika Duduk maka berbaringlah.

>>>>Membaca Ta'awwudz, karena marah itu dari setan.

>>>>Segeralah berwudhu, lalu Sholat 2 raka'at untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati.


6. OPTIMIS & TIDAK MUDAH PUTUS ASA

*** Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa, sehingga tetap sabar, istiqomah, dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah SWT.


7. TIDAK IRI HATI

*** Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa juga mentalitas; maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.

*** "Yaa Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat-sifat mazmumah, dan hiasilah diriku dengan sifat-sifat mahmudah"...Amiin.


Semoga kita sebagai umat Islam, bisa dan mau mengikuti bimbingan tauladan dari Rasulullah SAW.


Salam Luar Biasa Prima!

12 comments:

Masturi said...

Assalamu'alaikum wr. wb.
Salam sejahterna Pak Woryanano. Tips yang bagus sekali. Ada hal yang ingin saya konsultasikan dengan Pak Wor, tapi lewat japri saja. Itu kalau Anda punya waktu. Email pribadi saya: masturi11472@yahoo.com Terima kasih atas respon anda. Selamat Ramadhan. Wassalamu'alaikum wr.w b. Masturi Istamar Suhadi Usman. http://refleksie.blogspot.com

harry.uncommon said...

MAS WURYANANO, VERY GOOD BLOGNYA. TAMPILAN MENARIK, LENGKAP. SAYA MAU BELAJAR KALO PAS KE JATIM.SY DES KE MALANG MAS, NATALAN KELUARGA.
SETUJU DG KIAT SEHATNYA RASUL. SAYA PRAKTEKKAN 21 TAHUN VEGETARIAN, MANFAATNYA UNCOMMON BAGI SAYA, A.L.berat badan stabil 60kg, kulit bersih, jarang sakit, seger.. YUK JOIN..sdh sy give comment via TCI.
salam mulia,harry uncommon

Adang Adha said...

nice artikel
banyak khasanah islam yang bila kita gali dan kita kaji lebih dalam
sangat banyak nilai nilai kesehatan di dalamnya. bahkan dalam
pengembangan diri jika dipelajari lagi sudah pernah diajarkan oleh
rasullullah saw. hanya saja kita kurang menggali hal ini.

Regard
Adang Adha
BetterMind Indonesia
Best Life With BetterMind
08156247774. 02192178644
(adunk_fis@yahoo.com)

Aznan Lelo said...

ass. Wr. Wb

Terima kasih, sahabatku.

Wass. Wr. Wb.

Aznan Lelo
(aznanlelo@yahoo.com)

sssss said...

sukron...
ane demen ame ni blog
bisa buat referensi


Mamby@gmail.com

PENDI said...

Assilamu'alaikum Mas wornayarno...
sunguh Tips Yang luarbiasa, murah, mudah & comfortable. Mudah2n kita semua dpt mengaplikasikannya dan merasakan manfaatnya,Amiiiin.....
Mas klau anda tdk kbratan mhon tmpilkan juga Rahasia sehat lewat shalat yang kita laksanakan stiap hari.....
Thx mas Wonaryo, Wassalam...

Hidup Sehat said...

Jazakalloh kiatnya...

Remaja Cinta Rasul said...

Assalamualaikum Pak, Kami izin copas yah. Tapi kami tetap menampilkan sourchnya. Terimakasih Pak. Wassalam.

Triono R.S said...

Jazakallah khoiron. Kunjungi blog ane juga ya. http://www.sehatberkah.com/ dan http://toko.sehatberkah.com/ Affiliate Program Indonesia 7 Tier, hasilkan milyardan rupiah, daftar gratis. Produk herbal Islam.

Anonymous said...

I like this.....! Mudah2an dpat ak aplikasikan dh!

ThiSa said...

I like this.....! Mudah2an bermanfaat buat ak. amiii...n!

ThiSa said...

I like this.....! Mudah2an bermanfaat buat ak. amiii...n!