Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Thursday, August 30, 2007

Cara Membantu Meningkatkan KUALITAS ENTREPRENEURSHIP Kita...

Dear All My Friends,

Saya ingin berbagi mengenai beberapa cara yang saya lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas ENTREPRENEURSHIP pada diri saya. Semoga saja bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya.

Ada 9 (sembilan) hal yang saya lakukan yaitu:

1. Memurnikan Niat Awal Berbisnis
***Lihat kembali Niat Anda pada saat ingin mulai bisnis sendiri. Apakah benar-benar murni berangkat dari pikiran dan hati nurani Anda? Ataukah karena Anda semata-mata tergiur melihat pebisnis yang sudah mapan dan bergelimang harta?
***Jika memang murni dari pikiran dan hati nurani Anda, maka Anda pasti bisa menyiapkan diri jauh lebih baik secara mental dan fisik untuk memulai berbisnis sendiri. Anda tahu segala resiko dan bisa memakluminya. Tetapi jika karena tergiur harta semata, maka bersiaplah untuk jadi pecundang, yang senang menyalahkan segala sesuatu selain dirinya sendiri.

2. Mengingat Visi Utama Bisnis Anda
***Saat memulai sebuah bisnis, semestinya Anda sudah menetapkan Visi Anda, apa yang menjadi dasar pijakan untuk mengembangkan bisnis Anda itu sehingga akan semakin berkembang di masa depan. Tanpa Visi, jangan harap bisnis Anda bisa maju pesat.

3. Memahami dan Menghayati Misi Bisnis Anda
***Seperti halnya Visi, maka Anda pun harus menyiapkan Misi atau Aksi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri. Siapkan Sasaran-Sasaran Bisnis Anda, langkah-langkah apa yang diperlukan untuk meraih sasaran bisnis tersebut. Tanpa memahami dan menghayati misi bisnis ini, Anda akan menyesal di kemudian hari.

4. Meyakini Sedang Melakukan Misi Bisnis Besar
***Ini hal wajib yang harus ada di benak pikiran Anda, yaitu yakin bahwa bisnis yang Anda jalankan ini adalah Bisnis Besar. Jangan pernah sekalipun meremehkan bisnis Anda sendiri, meskipun awalnya masih kecil.

5. Menenangkan Diri Sebelum Melakukan Misi Bisnis
***Harus tetap waspada kepada diri Anda sendiri. Kadang-kadang, saat memulai bisnis, bisa saja Anda terlalu "euphoria"...terlalu bersemangat tak terkendali. Ini justru sering bisa menjadi penghambat jalannya bisnis Anda. Segala sesuatu yang tak terkendali pasti berakibat tidak baik...meskipun yang tak terkendali itu semangat Anda. Oleh sebab itu diperlukan ketenangan diri sebelum bertindak menjalankan misi bisnis Anda.

6. Konsisten Dalam Melaksanakan Bisnis
***Tentu saja Anda pun harus tetap konsisten dalam segala hal untuk mengembangkan bisnis Anda. Konsisten dalam bisnis artinya, Anda harus tetap melangkah maju...apa pun halangan di hadapan Anda...Anda tetap harus maju terus pantang mundur... Jangan pernah menyerah, jangan pernah kalah. Menyerah dan Kalah itu sebenarnya hanya ada di dalam pikiran Anda.

7. Menjaga Bisnis Dari Segi Kualitas Produk Dan Pelayanan
***Sejak Anda sudah berniat memulai bisnis sendiri, segi kualitas produk dan pelayanan ini harus sudah Anda canangkan di dalam program bisnis Anda, terutama di dalam pikiran dan hati nurani Anda.

8. Melakukan Upaya Promosi Bisnis Secara Bijak
***Bisnis bisa berkembang tentu saja butuh promosi. Tetapi hendaknya dalam rangka mempromosikan bisnis Anda ini, mesti bisa bersikap bijak. Pengertiannya adalah, jangan terlalu berlebihan mengunggulkan bisnis Anda. Berpromosi bahwa bisnis Anda memang sangat berkualitas...itu boleh dan sah-sah saja. Tetapi jika terlalu berlebihan, biasanya calon partner atau calon pelanggan Anda justru bertanya-tanya di dalam hatinya...benar nggak sih? Kadang bahayanya berlebihan dalam promosi ini, bisa saja Anda menyebut dan meremehkan pesaing bisnis Anda...ini tentu saja bisa berdampak negatif bagi bisnis Anda.

9. Banyak-banyak Mengingat ALLAH SWT, Sebelum, Pada Saat, dan Setelah Berbisnis
***Anda harus ingat! Bahwa sesungguhnya bisnis Anda itu sudah disediakan sebelumnya oleh Allah SWT. Anda bisa memulai berbisnis juga karena diridhoi oleh Allah. Jadi jangan sampai Anda merasa bahwa bisnis Anda bisa jalan karena usaha Anda sendiri. Ingatlah Allah sebanyak-banyaknya, sebelum memulai bisnis, pada saat sedang berbisnis, dan setelah Anda menyelesaikan bisnis Anda. Intinya setiap saat seorang pebisnis semestinya selalu mau mengingat Allah SWT. Karena Anda hanya tinggal menjemput bisnis yang sudah disediakan oleh Allah.

Demikian "sharing" pengalaman saya dalam berbisnis sendiri. Semoga saja bisa memberikan manfaat buat rekan-rekan Entrepreneur lainnya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano
http://wuryanano.com/

5 comments:

Anang Pramana,SKOM,MM said...

Salam Luar Biasa Prima !!!
Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Bisnis Hal sangat Wajib....Sharingnya Mengena sekali...
Artikel Berikutnya..Kita tunggu soal Menjaga Semangat Berbisnisnya ya...Pak.Kan dalam berbisnis banyak riak penghalangnya...Perlu nich sharing soal ini !!!
Dalam Artikel ini saya Comment yg point terakhir...kayaknya sebuah penyimpulan bahwa dalam melakukan apaun Mengingat Alloh itu Wajib.Memulai dengan Niat yang benar dan bersih...melakukan dengan Ikhlas dan Sabar dan menerima hasil dengan ikhlas dan tawakkal...InsyaAlloh...Plong...Semua terkendali,nyaman di jalanin.
Salam Luar Biasa Prima !!!

ALQIADA Muslim Corner said...

Pak Wur, aku jadi "tersentil" nih :), trima kasih sudah diingatkan. Luar Biasa Prima Sharingnya..Sukses Luar Biasa Prima utk. Pak Wur n Fam!

Anonymous said...

Waduh, tipsnya keren banget Pak.... THX :)

Jufri

Anonymous said...

Salam,

Makasih banyak Pak atas pencerahan bisnisnya

Syahril
http://syahril-ril.blogspot.com

Anonymous said...

Terima kasih Pak Wuryanano

atas pencerahnannya.
Semoga Saya senantiasa di jalur yang benar.

wassalam
Trimakasih,
Dony
(Romdloni@infineon.com)