Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Friday, December 26, 2008

SHOW OFF Business UKM Jawa Timur 2009


Menjelang tutup tahun 2008 ini, beberapa rekan di Komunitas UKM Jawa Timur ingin bertemu untuk sharing tentang bisnisnya para pebisnis UKM (Usaha Kecil & Menengah) dan potensi pengembangan bisnis UKM di tahun 2009 nanti, khususnya bagi mereka yang sudah bergabung di mailing list UKM Jatim ini. Mesti perlu dimaklumi, anggota yang tergabung di mailing list UKM Jatim ini juga ada yang berasal dari luar Jawa Timur, dan banyak diantara mereka juga tergabung dengan berbagai komunitas mailing list lainnya. Itu saya pikir lebih baik, karena tujuan dibentuk Komunitas UKM Jawa Timur ini intinya adalah sebagai wadah para pebisnis yang merasa bahwa bisnisnya masih di strata Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau bagi mereka yang ingin memulai bisnis di strata UKM, sesuai dengan nama komunitas ini. Kalau mereka bisnisnya sudah besar, mungkin tidak cocok masuk di komunitas ini.


Ok, singkatnya, keinginan beberapa rekan pebisnis UKM untuk bertemu ini saya fasilitasi dengan mengundangnya agar bertemu di Kampus SWASTIKA PRIMA Surabaya, pada Jum'at, 26 Desember 2008 pada pk. 14:00 WIB. Dengan pertimbangan banyak rekan yang bisa hadir karena hari Jum'at ini menurut pemerintah kan hari cuti bersama. Akhirnya rekan-rekan pebisnis UKM ini datang juga, bahkan ada yang berasal dari luar Surabaya, yaitu dari kota Kertosono...yang penuh antusias datang jauh-jauh langsung dari Kertosono ke Surabaya...Luar Biasa Prima! Salut!


Dari perkiraan awal yang datang sekitar 20 orang pebisnis UKM, ternyata hanya hadir total 10 orang termasuk saya dan istri saya...hehehe...akhirnya kue yang sudah saya siapkan ya hanya untuk 10 orang saja, sehingga masih banyak kue yang nggak tersentuh termasuk yang belum dihidangkan, lumayan...kue yang tersisa menjadi jatah staf saya...yang nggak saya liburkan, meskipun itu hari cuti bersama menurut pemerintah, karena saya kan bukan pegawai pemerintah...hehehe...kok senangnya libur yaa...


Bertempat di lantai 3 Ruang Santai Dosen SWASTIKA PRIMA, akhirnya obrolan demi obrolan berlangsung rileks, ngalor-ngidul dulu, terus ngetan bali ngulon, sharing ringan-ringan saja mengenai bisnisnya masing-masing. Kena imbas krisis global sejauh mana, dan lain sebagainya.


Saya mulai dengan paparan pandangan mata (hehehe...ikutan istilahnya anggota Dewan) bahwa potensi UKM di Jawa Timur ini sangat besar untuk ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian Jawa Timur khususnya. Dan sesungguhnya yang mau mendukung Komunitas UKM Jatim ini ada beberapa instansi bisnis besar, yang juga merupakan relasi bisnis saya; juga berniat memberikan dukungan untuk ikut mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Tetapi, instansi bisnis ini ingin lebih dulu mengetahui data pasti jumlah UKM dan macam usahanya, yang berada di bawah naungan Komunitas UKM Jatim.


Nah, akhirnya obrolan santai ini menuju satu titik temu, bahwa Komunitas UKM Jawa Timur ini harus menggelar acara besar, yang jauh lebih besar lagi dibandingkan acara sebelumnya pada saat Business Gathering Pengusaha UKM Jatim serta Pameran UKM, pada 31 Mei dan 1 Juni 2008 yang lalu.


Oleh karena itu, Komunitas UKM Jatim ini akan menggelar acara sangat spektakuler, SHOW OFF BUSINESS nanti pada bulan Maret 2009. Direncanakan, acara dari Komunitas UKM Jatim ini berlangsung selama EMPAT HARI, di pertengahan bulan Maret 2009, mulai hari Kamis s/d Minggu bertempat di ROYAL PLAZA Surabaya. Acara Komunitas UKM Jatim ini nanti dimeriahkan dengan PAMERAN BISNIS UKM, dan berbagai TALKSHOW BUSINESS seputar pengembangan bisnis UKM, STRATEGI marketing-public relations, manajemen SDM, manajemen keuangan, success story, dan lain-lain.


Inilah SHOW OFF Business 2009 yang hendak digelar oleh Komunitas UKM Jawa Timur. Saya jamin acara ini pasti jauh lebih spektakuler dibandingkan acara-acara sebelumnya, insyaAllah bahkan menjadi acara SHOW OFF Business paling spektakuler di sepanjang tahun 2009 nanti. Oleh sebab itu, jauh hari sebelumnya, selama kurang lebih selama 2 bulan ke depan ini sudah harus dipersiapkan segala sesuatunya.


Rekan-rekan Pebisnis UKM khususnya di Jatim pasti akan memperoleh banyak sekali manfaat luar biasa prima, dengan mengikuti SHOW OFF BUSINESS 2009. Mengenai prosedur keikutsertaan di acara ini, akan diinformasikan selanjutnya oleh Panitia SHOW OFF BUSINESS secara on line maupun off line. Tunggu saja informasi berikutnya. DON'T MISS IT!!!


Disamping itu, kami akan melakukan pendataan ulang para pebisnis UKM di Jawa Timur, baik yang sudah tergabung secara on line di mailing list Komunitas UKM Jatim, maupun yang belum bergabung secara on line. Hal ini berkaitan dengan keinginan beberapa instansi bisnis besar yang berniat mendukung pengembangan bisnis UKM di Jawa Timur. Sehingga jika data-data pebisnis UKM Jatim ini sudah akurat, insyaAllah dukungan besar pasti segera terwujud.


Hal yang agak menyulitkan adalah bagi anggota yang bergabung secara on line di mailing list UKM Jatim, belum memberikan data-data profil bisnisnya, dan rekan pebisnis UKM yang di luar mailing list (off line) juga sulit untuk dihubungi guna memperoleh data-data profil bisnisnya. Meskipun demikian, saya selaku Founder Komunitas UKM Jatim dibantu oleh Moderator mailing list dalam hal ini diwakili oleh Mas Rony Orysu, akan terus berusaha melakukan pendataan secara akurat bagi para pebisnis UKM, yang sudah gabung secara on line maupun yang masih off line; termasuk membentuk Team yang mengerakkan kegiatan-kegiatan komunitas ini...yang memang lebih banyak anggotanya adalah para pebisnis muda usia, sehingga lebih cocok jika yang langsung mengerakkan adalah dari kalangan kawula muda juga. Saya tetap akan mem-backup dan berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan Komunitas UKM Jatim ini, meskipun secara tut wuri handayani.


Demikian informasi awal tentang SHOW OFF BUSINESS UKM Jawa Timur 2009. DON'T MISS IT!!! Tunggu informasi selanjutnya ya. Sementara ini Sekretariat Komunitas UKM Jatim bertempat di Kampus SWASTIKA PRIMA Surabaya, Jl. Raya Ngagel Jaya Selatan 137. Tidak terasa, obrolan bersama rekan-rekan pebisnis UKM ini, yang dimulai pada pk. 14:30 dan berakhir pada pk. 17:30 WIB, menjelang Maghrib; berkesan santai, rileks tapi menghasilkan keputusan yang spektakuler. Ayo Maju Terus UKM Jawa Timur! SUKSES!!!



Salam Sukses UKM,

Wuryanano

2 comments:

Drs.D.Budi said...

Dear Mas Nano,

Kami di BTC Jababeka, juga dengan network kementrian negara ristek / BTC Network pusat. Banyak menggarap hal tentang UKM ini.
Siapa tahu dapat disinergikan.

Tks & brgds,

D.Budi Eman

WURYANANO said...

Dear Mas D. Budi Eman yang baik,

Terima kasih atas tanggapan tentang UKM Jatim.

Saya tentu senang sekali jika ada banyak rekan yang peduli dengan pengembangan UKM.

Saat ini di UKM Jatim khususnya, memang masih memerlukan banyak dukungan dari berbagai pihak yang mau ikhlas memberikan masukan untuk membantu para pebisnis di strata UKM ini.

Mohon masukannya, mengenai bentuk sinergi bagaimanakah yang bisa kita lakukan bersama untuk turut serta memajukan bisnis UKM ini.

Terima kasih. Semoga pebisnis UKM Indonesia pada umumnya, dan UKM Jawa Timur khususnya bisa saling bersinergi demi kemajuan bersama.

Salam Sukses UKM,
Wuryanano