Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Sunday, August 31, 2008

ISMBEA 2008...Sebuah Sindiran Halus...


Sabtu, 30 Agustus 2008 yang lalu memang berkesan lain dibandingkan hari Sabtu pada umumnya. Hari Sabtu malam itu ada acara penganugerahan ISMBEA (Indonesia Small & Medium Business Entrepreneur Award) 2008, yang bertempat di Candi Borobudur Room, Sahid Jaya Hotel Jakarta.


ISMBEA ini merupakan sebuah kontes apresiasi entrepreneur berskala nasional yang diberikan kepada para pelaku dan penggerak bisnis di sektor riil dalam skala usaha kecil dan menengah (UKM), berdasarkan penilaian aktivitas dan peran serta nya dalam hal menggerakkan bisnis sektor riil, baik secara perorangan maupun secara kelembagaan. Perhelatan ISMBEA 2008 ini sudah ketiga kalinya, yang dimulai sejak tahun 2006 lalu, dan digelar serta dimotori oleh Majalah Wirausaha & Keuangan...Majalah Spesifik yang Mengulas Kewirausahaan.


Pada perhelatan ISMBEA 2008 ini, sekaligus juga dicanangkan... Tahun 2008 sebagai Tahun Kewirausahaan Indonesia. Sebuah momen pencanangan semangat kewirausahaan yang tepat sekali bersamaan dengan sebuah ajang apresiasi. Acara ISMBEA 2008 ini bisa dikatakan telah berlangsung dengan sukses, penuh energi dan semangat keceriaan diantara para undangan maupun panitia penyelenggara acara.


Terlepas dari sukses dan semaraknya acara yang dipandu oleh seorang presenter kondang Roni Waluya ini, saya juga melihatnya dari sudut pandang saya sendiri, bahwa sesungguhnya gelar acara ISMBEA 2008 ini lebih merupakan sebuah sindiran halus bagi dunia kewirausahaan Indonesia, khususnya bagi saya pribadi...karena saya juga termasuk salah seorang dari total 22 orang dan lembaga yang menerima penghargaan ISMBEA 2008 ini.


Menurut hemat saya, dunia kewirausahaan di negeri ini c/q Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM beserta jajaran Kementerian lainnya, termasuk Departemen-Departemen terkait seharusnya merasa tersindir dengan adanya ISMBEA, apalagi ini sudah yang ketiga kalinya diselenggarakan secara sukses. Harusnya segera merasa tersindir agar pemerintah melakukan upaya lebih giat, lebih maksimal, dan lebih fokus lagi untuk pembinaan secara berkesinambungan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), sehingga diharapkan para pelaku UKM ini bisa segera maju dalam mengembangkan usahanya.


Selama ini, saya melihat dukungan pemerintah kepada para pelaku UKM ini, masih bersifat "hangat-hangat tai ayam"...selalu mengisyaratkan adanya unsur politis timbal-balik berkaitan dengan upaya pemberdayaan pelaku UKM ini. Pemerintah masih mengesankan "kurang ikhlas" membantu pelaku UKM. Masih terkesan harus ada timbal-balik politis yang menguntungkan, apalagi menjelang Pemilu begini. Lha wong saat pemilu masih jauh saja juga berkesan selalu "itung-itungan politis", apalagi saat menjelang pemilu. Hayo...ngaku nggak?! Hehehe...


Kalau bagi saya pribadi...pemberian ISMBEA 2008 ini benar-benar tidak terduga, benar-benar mengejutkan saya...karena ternyata setelah puluhan tahun saya hidup sebagai entrepreneur, dengan beragam bisnis saya jalankan...ehh...lha kok masih saja dianggap oleh panitia penilai ISMBEA, bahwa bisnis saya masih tergolong kelas kecil dan menengah...waduuh...hwekekek... Ini merupakan sebuah sindiran halus bagi saya sebagai seorang entrepreneur.


Namun saya tetap mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara c/q Majalah Wirausaha & Keuangan, atas pemberian anugerah ISMBEA 2008 kepada saya ini. Terima kasih telah mengingatkan saya, bahwa menurut penilaian Tim Penilai ISMBEA...ternyata bisnis-bisnis saya masih dianggap berskala UKM. Pemberian ISMBEA 2008 ini tentunya menjadi "cambuk" bagi saya untuk bisa lebih cepat lagi membesarkan skala usaha saya, biar nggak dinilai lagi sebagai usaha skala kecil dan menengah atau UKM ini. Dan bisnis saya secepatnya berubah skalanya menjadi bisnis berskala besar!!! Kalau bisa cepat berubah menjadi Konglomerasi Bisnis! Sehingga saya disebut sebagai seorang Konglomerat...tapi seorang Konglomerat yang Berhati Nurani Baik lho ya...hahaha...


Saya sampaikan ucapan SELAMAT & SUKSES kepada rekan-rekan lainnya...22 orang termasuk saya, yang juga telah menerima ISMBEA 2008, seperti Roni Yuzirman dari Manet Vision, Masbukhin Pradhana dari Pusat Kulakan Voucher MPI Shop, dan Eddy Azzy Purwanto dari Warung Barokah...



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 comment:

Ardiansyah Abdullah said...

Selamat Mas Nano atas penghargaan ISMBEA -nya. Yah walalupun menurut saya bisnis mas Nano sudah besar, mungkin menurut Pak Is dan team masih kecil tuh bisnis-nya..atau gurem malah..wekekek..jangan tersinggung ya..! Justru dijadikan pemacu semangat untuk menjadi bisnis besar dengan omset triliunan...Jadi konglomerat berhati mulia..!! Kayak Azim Premji dengan WIPRO-nya di India, atau Pangeran Talal dari Saudi..atau malah keluarga Bin Laden..he.he Saya Do'a kan tahun 2009 dapat penghargaan sebagai pengusahan besar !! saya boleh ikutan dong !

Salam sukses