Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Thursday, August 21, 2008

BISNIS (Seperti) MENJUAL MATAHARI


Tentunya kita semua tahu perihal benda yang dijuluki MATAHARI, bukan? Itu loh, yang tiap hari keluarnya di sebelah Timur, dan tenggelam bersembunyi di sebelah Barat...dan selalu bersinar menerangi dan memanasi Bumi dan seisinya ini (kecuali Anda yang tinggal di Kutub ya...kasihan deh). Paham kan? Bukan sebuah nama salah satu Department Store loh ya.


Ok, back to the title: BISNIS (Seperti) MENJUAL MATAHARI, sengaja saya ambil sebagai judul tulisan saya kali ini. Judul itu ada satu kata di dalam "tanda kurung" yaitu (Seperti), saya maksudkan bahwa kata tersebut boleh digunakan atau tidak, sebenarnya tidak begitu masalah, semuanya terserah persepsi Anda masing-masing.


Kalau Anda menyukai wisata daerah pegunungan atau pantai, pastilah bisa memahami, bahwa daerah wisata tersebut lebih sering ditonjolkan adalah pesona Matahari...Terbit atau Tenggelam. Misalnya wisata di Gunung Dieng Jawa Tengah dan Bromo Jawa Timur, serta pantai Parang Tritis Jawa Tengah, pantai Kuta dan Nusa Dua di Bali. Yaa, tempat wisata semacam ini...benar-benar menjual Matahari. Pelaku bisnis di sini memang mengandalkan Matahari sebagai semacam anchor business, yang bisa selalu mendukung ramainya bisnis-bisnis mereka di sana. Jika tanpa dukungan Matahari, kemungkinan besar bisnis mereka bisa saja menjadi susut-rugi.


Nah, itu tadi adalah gambaran riil bisnis yang memang benar-benar menjual MATAHARI. Bagaimana dengan bisnis Anda? Jika bisnis Anda memang sudah bertempat di daerah wisata semacam itu, itu bagus dan bersyukurlah...karena Matahari bisa dikatakan secara langsung telah membantu perkembangan bisnis Anda. Anda tinggal memolesnya lagi, agar semakin cepat membesar bisnisnya.


Sebenarnya maksud saya dengan BISNIS (Seperti) MENJUAL MATAHARI ini juga memiliki makna, bahwa apa pun bisnis Anda, maka perlakukanlah bisnis Anda itu seperti layaknya MATAHARI yang selalu bisa menyinari semua orang dan lingkungan Anda sendiri.


Tidak mudah memang untuk memulai suatu bisnis, lebih tidak mudah lagi untuk merawat bisnis, dan semakin tidak mudah untuk mengembangkan dan membesarkan bisnis. Oleh sebab itu, saya selalu berupaya untuk membesarkan bisnis-bisnis saya laksana menjual Matahari. Jadi saya akan senantiasa menjaga agar orang lain bisa merasakan keindahan bisnis saya, merasakan kehangatan pelayanan saya, merasakan manfaat dari jasa / produk bisnis saya, dan yang penting lagi...menjaga JANGAN SAMPAI ORANG LAIN MERASAKAN KEPANASAN akibat dari adanya bisnis saya, sehingga mereka sampai-sampai perlu membawa payung atau sunblock untuk menghindari bisnis saya. Apalagi sampai mereka membawa pasukan Pemadam Kebakaran untuk memadamkan bisnis-bisnis saya...wah! Hehehe...


Tidak mudah membuat Bisnis kita menjadi layaknya Matahari yang bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan serta keindahan tidak hanya bagi diri kita sendiri. Melainkan bagaimana agar Bisnis kita menjadi Matahari yang sangat cocok bagi banyak orang. Memang usaha yang tidak mudah. Tetapi TIDAK MUDAH BUKAN BERARTI TIDAK BISA.


Saya setiap saat selalu melakukan introspeksi, baik terhadap sikap dan tindakan saya pribadi sebagai point pertama, maupun introspeksi ke dalam manajemen bisnis saya point kedua. Untuk urusan manajemen, saya lebih fokuskan prioritas utama pada peningkatan kualitas manajemen sumber daya manusia, dan kualitas jasa / produk bisnis saya. Dua hal ini yang menurut saya perlu diprioritaskan dan selalu diawasi agar selalu menjadi lebih baik di perjalanan bisnis. Karena kedua hal ini, sumber daya manusia dan kualitas jasa / produk, langsung berhubungan dengan orang lain di luar manajemen bisnis saya...khususnya para pelanggan dan relasi bisnis saya.


Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Sudah kah Anda menjadikan bisnis-bisnis Anda layaknya Matahari yang bersinar dengan lembut, hangat, membuat nyaman, penuh keindahan pada sinarnya yang terang tapi tidak menyilaukan...dan tidak sampai membuat orang menghindar karena kepanasan, atau membuat perlindungan...bahkan ingin memadamkan bisnis-bisnis kita. Jadikanlah Bisnis kiat itu sebagai Matahari, yang bisa menjadi anchor business...sehingga itu membuat bisnis kita menjadi pesona bagi banyak orang.


Tidak mudah dan tidak boleh sembarangan menjual Matahari. Kita harus tahu bagaimana menyikapi sang Matahari. Bukankah Anda sendiri pasti juga tidak tertarik untuk datang melihat Matahari di siang yang sangat terik, panas sekali? Anda pun pasti menghindar dan berlindung dari sengatan panasnya Matahari, bukan?



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

4 comments:

Mr. Nursidin said...

Salam Semangat buat Orang2 yg mau berusaha !!

bisnis ngga ada abiesnya, asal positif. Mak Nyuss Artikel yg satu ini..

changed Mood from Happy to be Excited ^^

HARRY 'UNCOMMON' said...

"Kasih Ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia"

Itulah bisnis yang bahagia, yang sesungguh-sungguhnya.

Terima kasih Mas NANO pencerahan bisnisnya.

Semoga sekalian alam & manusia berbahagia.

Salam bahagia,
Hidup bahagia, mati bahagia
HARRY 'UNCOMMON'
021.715.87.887, 0813.8286.3949
Uncommon Leadership Center
PT. Bina Trada Prakasita
http://uncommon-leadership.blogspot.com/
http://harryuncommon.multiply.com/

Ardiansyah Abdullah said...

Luar biasa artikel..bisnis yang memberi kehangatan pada setiap insan. Tidak pandang bulu apapun ras, agama dan tempat tinggalnya..! Sangat mencerahkan mas Nano.

Btw, ini tidak sedang kampanye kan ? bukan apa apa, musim kampanye nih dan ada partai yang lambangnya seperti bisnis-nya mas Nano..he..he..he

Salam
Didi

Krisnawan Putra said...

Mas Nano,

Tulisan yang very inspiratif..."Menjual Matahari".

Bisnis menjual matahari
Matahari dijual
Dijual matahari
Matahari menjual
Menjual matahari
Matahari SALE up to 75%

Tanpa dijual
matahari khan terus menyinar
Menyinar sama
tuk yang jahat pun yg baik
Siapa membeli matahari & berapa harga?

Matahari dimana-mana
Tak hanya di Parangtritis or Kuta
di Papua pun ada, di Aceh juga
bahkan di depan rumah, kantor kita, juga ada
Membeli, menjual, membisnis matahari

Di balik sinar matahari
Tersimpan banyak nikmat, banyak rejeki
Bisnis AC, Kerupuk, Es doger teler, Shampoo
Fotografi, Teropong, Cream kulit, Pemanas air,
Mobil tanpa bensin, Kacamata hitam, Topi, Lagu, dan Apalagi2...

Aku berpikir, terus memikir,
"Bgmn caranya makin BERSINAR matahariku ini???"

Salam,
The Coaching Way
Ala Krisnawan Putra
http://www.krisnawanputra.com/