Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Friday, March 14, 2008

INFORMASI...BERKAH yang Bercampur Baur...


Dear All,


Saya yakin, semua sepakat bahwa memiliki akses cepat ke informasi, akan berdampak signifikan terhadap bisnis. Sebuah contoh, pesawat telepon atau telepon seluler, telah menjadi ciri sangat mapan di dalam hidup kita, sehingga sulit untuk membayangkan bagaimana caranya generasi terdahulu berhasil berkomunikasi tanpanya.


Saya juga bersyukur hidup di jaman serba canggih ini dengan berbagai fasilitas informasi, yang bisa saya manfaatkan untuk kehidupan saya. Namun berbagai fasilitas informasi modern itu semua hanyalah sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Bukan tujuan akhir itu sendiri.


NILAI INFORMASI bergantung pada bagaimana caranya ia dikumpulkan...pada KEAKURATANNYA, dan pada KEGUNAANNYA. Manfaat dasarnya sudah jelas. Ia telah menyederhanakan dan mempercepat semua jenis kemajuan dalam berbagai bidang bisnis, produksi maupun jasa.


Informasi memang dapat mengurangi unsur "menerka-nerka", namun kita masih tetap harus membuat keputusan kita sendiri. Kadangkala, meskipun kita telah diperlengkapi dengan informasi terbaik, dapat saja membuat kekeliruan dalam mengambil keputusan. Banyak orang yang kelihatannya merasa sulit untuk menerima, bahwa informasi yang mereka peroleh bisa saja tidak dapat diandalkan. Penilaian yang baik akan selalu merupakan "attribute" yang paling bernilai.


Informasi, jika kita menginginkan keakuratannya dan kegunaannya benar-benar bermanfaat bagi kita, maka kita harus berusaha menyatukan semuanya, merangkainya untuk kebaikan kita sendiri, karena informasi tidak muncul begitu saja secara utuh dan baik.


Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada perangkap dalam informasi, yaitu praktik memanipulasi informasi yang menurut saya telah tersebar luas di kehidupan ini. Sebagai contoh, dari segi "marketing" seringkali ada "press release" yang sebenarnya lebih ke arah promosi penjualan. Mereka dapat dengan mudah menciptakan kesan baik yang sebenarnya palsu.


Seringkali, informasi dipotong, dijungkirbalikkan, dan sebenarnya tidak mewakili hal sesungguhnya. Prestasi bisa dilebih-lebihkan secara "bombastis", dan fakta-fakta aslinya bisa jadi dibungkam. Dalam dunia politik hal ini sudah menjadi rahasia umum, dianggap sudah lumrah saja. Oleh karena itu, jawaban mengapa negeri kita ini masih terpuruk? Anda pasti bisa merangkainya dan menjawabnya sendiri bukan? Hwehehehe...


Tapi seperti halnya di dunia politik, maka dalam bisnis pun ada banyak "spesialis" yang cenderung mendahulukan kepentingan dirinya sendiri dan berani menjamin, bahwa segala sesuatu yang telah dilakukannya itu sudah mewakili cara-cara yang paling menguntungkan, yang bisa juga dilakukan oleh orang lain jika menggunakan cara-caranya.


Apa yang terjadi kemudian? Banyak orang dikecewakan! Banyak orang diantara mereka ternyata tidak mampu atau tidak bisa menerapkan cara-cara yang telah diajarkan oleh para "spesialis" ini, yang dalam mengajarkannya sering membuat kesan bahwa hal itu sangat mudah dan seakan-akan bisa bersifat instan! Bisa membuat Anda segera sukses?!


Sekilas pandang ke topik utama, secuil kata pengantar, sekedar catatan di atas gambar, dan Anda sudah terperangkap dalam kesalahpahaman yang diyakini benar!


Secara pribadi saya menduga dan curiga, bahwa masalah utama bagi orang bisnis dalam tahun-tahun mendatang BUKAN KEKURANGAN INFORMASI, tetapi malah KELEBIHAN INFORMASI. Bisa jadi kita akan tenggelam dalam data-data yang seharusnya membuat kita tetap mengapung. Kelimpahan data tak berguna akan menyajikan godaan berlipat ganda untuk menyimpang dari jalur, yang disertai keinginan kuat untuk mempraktikkannya.


Banyak orang bisa mengalami frustasi besar karena mengetahui bahwa informasi yang dibutuhkannya memang ada di dalamnya, namun akan memakan waktu lama sekali untuk memperolehnya, dan...setelah mencoba mempraktikannya, mereka ternyata tidak bisa mendapatkan manfaat sama sekali. Caaapee' deeh...


Informasi memang berguna, namun kita harus mengenal orang-orang yang akan berurusan dengan kita selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Harus ada waktu dan tempat untuk bermain sekedarnya, untuk menguji keterbatasan, dan peluang mengakses kekuatan dan kelemahan masing-masing. Jauh lebih mudah untuk menilai niat baik orang lain, jika kita saling bertatap muka dan mencoba saling bersilaturahmi secara hangat.


Sisi sosial dalam kehidupan berbisnis ini, jangan sekali-kali Anda rendahkan atau sepelekan manfaatnya. Ini membantu mematahkan hambatan dan menjadikannya sesuatu yang mungkin untuk mendiskusikan sebuah proposal dengan cara yang informal. Saya mengalaminya sendiri, sejumlah transaksi terbaik justru terjadi, dan biasanya diawali dengan pertemuan saya dengan relasi di sebuah restoran, cafe atau bar di suatu hotel berbintang.


Saya tidak meragukan bahwa kita akan menyaksikan lebih banyak perubahan dalam teknologi informasi, dan kita akan memiliki lebih banyak pilihan karenanya. Namun, saya pikir lebih bijak jika Anda tidak melupakan cara-cara lama dalam menjalin hubungan bisnis dengan relasi Anda.


Cara-cara kreatif dan persuasif dalam hal berkomunikasi untuk memperoleh informasi yang akurat dan berdaya guna melalui jalinan silaturahmi ini, saya pikir tidak akan bisa digantikan oleh teknologi informasi yang canggih sekalipun.


Semakin kuat jalinan silaturahmi yang Anda miliki, saya yakin akan semakin kuat pula jalinan bisnis yang Anda kelola dan Anda kembangkan. Semoga sukses!



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

4 comments:

Ade Aan Wirama said...

Wah dalem banget ini pak Nano,

Saya perhatikan banyak sekali lalu lintas informasi di banyak milis yang terlihat terlalu berlebihan, apalagi setelah diketahui aslinya.

Nggak taunya memang disengaja untuk menaikkan sales...hahahaha.

Thanks ya atas artikel yang sangat mengena dan sebagai bahan instropeksi diri saya.

Salam dari Hong Kong,
Ade Aan Wirama
http://www.adeaan.com

Anonymous said...

Terimakasih atas motivasinya,
saya lebih mantap menjalankan bisnis saya:
http://globefinance.multiply.com/

Salam,
Anang Syaifudin

Anonymous said...

Pak Wuryanano.

Membaca artikel ini, mengingatkan saya pada kejadian kakak saya yang baru mendapat informasi dari dokter bahwa jantungnya mengalami kegagalan.

Akhirnya semua orang disekelilingnya mulai menghujaninya dengan berbagai macam informasi mengenai dokter, rumah sakit, pengobatan alternative, dan segala macam obat2yang dijual oleh MLM. Semua dengan versinya masing2 dan semua dengan informasi kesembuhan orang2 yang mereka kenal.

Seperti yang pak Wuryanano katakan, informasi yang diterima kadang2 sudah terpotong, karena dimulai dengan 'kalo gak salah', atau 'katanya' wah repot nih….

Thank you sharingnya pak.

Strive for Excellence !

Ellies Sutrisna

Anonymous said...

Nderek tepang Mas Wur, kulo saking Karang Anyar Solo ingkang nggadahi tlatah Matesih ingkang kuncoro kaliyan Astana Giribangun, mugio tansah sukses tuwin ndadosaken amal jariah panjenengan menggah usaha ingkang sanget piguno dateng sesami.

Sayektos saksampunipun maos artikel panjenengan nggigah semangat jiwa wiraswasta.

Maturnuwun sanget,
Djoko Prasodjo
0816.427.4892 , tlph (0271)495.970