Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Sunday, June 24, 2007

MITOS-MITOS PENGHAMBAT SUKSES...KEBIASAAN...

Penting untuk selalu diingat, pikiran kita adalah sebuah kekuatan besar yang tak terlihat dan tak berwujud; sangat besar pengaruhnya di dalam hidup kita dan kita memilihnya untuk memberikan kepada kita berkah hidup, inspirasi, kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian. Sudah semestinyalah Anda membuat sebuah pilihan pemikiran yang benar dan bagus untuk diri Anda sendiri.

Kaitannya dengan kekuatan pikiran ini, seringkali kita mencetuskan pemikiran yang secara tidak kita sadari cenderung membuat diri kita "berhenti berkembang". Pikiran-pikiran dan ucapan-ucapan seperti, "Iya, tapi aku sudah terlalu tua", "Mungkin saja bisa, tapi itu sulit sekali", "Aku masih terlalu muda, nanti sajalah", "Iya sih, tapi itu kan bukan levelku", "Waduh, itu bukan tugasku", "Tapi itu kan masih lama, nanti-nanti sajalah", "Iya, tapi...", "Mungkin, tapi...", "Bisa saja, tapi...". "Tapi aku ini bukan dari keluarga sukses...", "Wah, kalau itu memang bukan rezekiku", "Mungkin Bintang dan Shio ku tidak cocok dengan tahun ini". "Pendidikan ku rendah, jadi aku tidak bisa...". Dan masih banyak sekali ungkapan-ungkapan serupa tadi, yang pada dasarnya tidak percaya kepada kemampuan diri sendiri; inilah yang harus diatasi dan dieliminasi dari pikiran dan ucapan kita; karena hal itu akan berpengaruh pada bagaimana cara kita bertindak nantinya.

Pengaruh buruk dari ucapan dan pemikiran seperti contoh di atas tersebut, akan mengendalikan tindakan Anda sebagaimana yang Anda pikirkan dan katakan itu. Tindakan-tindakan Anda nantinya akan terbiasa dengan tindakan yang selalu bersifat menunda-nunda segala sesuatu. Pada awalnya, kebiasaan menunda-nunda itu mungkin sedikit bisa memberi Anda sebuah perasaan lega, perasaan yang membela Anda; bahwa Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan sesuatu tindakan, karena toh masih ada hari esok. Tetapi pada gilirannya nanti, kebiasaan dalam pikiran dan perkataan yang cenderung menunda-nunda itu akan membawa Anda ke dalam jurang kegagalan yang paling dalam; karena Anda tidak pernah berani memulai bertindak.

Kita sebagai manusia, sudah dikenal sebagai mahluk kebiasaan, yang segala sikap dan perilakunya selalu berdasarkan suatu tindakan terus menerus, sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Anda bisa melihatnya sendiri di keseharian hidup Anda, bahwa kita berperilaku selalu berdasarkan kebiasaan. Contoh ringan, jika kita sudah biasa "buang air besar" di pagi hari, maka akan sulit sekali seandainya kita coba di sore hari, perlu waktu membiasakan diri lagi. Cobalah Anda lari-lari mengelilingi sebuah lapangan olah raga, biasanya Anda lari dengan arah memutar ke sebelah kiri, selalu berputarnya ke arah kiri Anda; jika Anda coba memutar dengan arah ke kanan, maka Anda akan merasakan tidak nyaman, bahkan sering malah membuat pusing kepala Anda.

Anda pasti masih ingat, bagaimana Anda mulai belajar mengendarai sepeda. Pada saat Anda mulai belajar naik sepeda, tentunya Anda beberapa kali pernah jatuh; sebabnya, pada waktu mulai belajar bersepeda itu, Anda masih belum terbiasa mengendarainya. Tetapi dengan seringnya Anda mengendarai sepeda, maka Anda akan semakin pintar dan lihai mengendalikan sepeda yang Anda naiki itu; karena dengan semakin sering Anda naik sepeda, maka Anda akan terbiasa, dan otomatis Anda semakin mahir mengendarainya.

Hal yang sama bisa Anda lihat dari cara Anda menggosok gigi, pasti Anda memakai tangan kanan jika menggosok gigi, kecuali mereka yang bertangan kidal. Jika Anda terbiasa menggosok gigi dengan tangan kanan, cobalah sekarang menggosok giginya dengan tangan kiri; apa yang Anda rasakan? Sulit bukan? Itulah contoh-contoh dari sifat kebiasaan yang ada pada diri manusia, dan sifat kebiasaan ini cenderung dominan, menguasai segala gerak langkah kita. Banyak lagi contoh lainnya di kehidupan Anda sehari-hari, coba Anda carilah sendiri itu.

Nah, hal itu akan terjadi juga jika pikiran dan ucapan Anda terbiasa berpikir dan berkata-kata yang cenderung bersifat pesimis dan negatif, maka apa yang biasa Anda pikirkan atau Anda ucapkan tersebut, akan menjadikan suatu kebiasaan untuk bertindak, dan pasti mengarah sesuai dengan kebiasaan berpikir pesimis dan negatif Anda tadi.

Supaya kebiasaan buruk seperti tersebut di atas bisa hilang, maka Anda harus berusaha menghilangkan kebiasaan buruk tadi, kemudian menggantinya dengan kebiasaan yang baik, optimis dan selalu positif, baik di dalam pikiran Anda maupun ucapan perkataan Anda. Dalam hal ini, Anda tinggal mulai membiasakan diri sendiri untuk selalu melakukan segala sesuatu dengan lebih baik lagi. "Sifat kebiasaan" manusia tersebut adalah disebabkan oleh peranan dari "kekuatan pikiran super" yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar, yang memang merupakan tempat bersemayam sifat kebiasaan itu. Hal penting di sini adalah: jangan Anda memercayai mitos-mitos penghambat laju perjalanan sukses Anda. Buanglah mitos buruk tersebut, kemudian gantilah dengan sesuatu yang lebih baik dan positif. Gunakanlah teknik penggambaran mental dan teknik afirmasi untuk mengubah kebiasaan buruk Anda, menjadi kebiasaan baik (ada di buku The Touch of Super Mind, tulisan saya).

Memang bukan perkara mudah untuk memulai dan membiasakan sebuah kebiasaan baru bagi kita, sebab kita sudah terbiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan lama itu selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, sungguh dibutuhkan keinginan dan kemauan yang kuat bagi Anda, agar Anda bisa mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan sukses Anda nantinya. Biasakanlah diri Anda berpikir dan berkata-kata hanya yang positif, dan itu pada gilirannya akan membuat Anda bertindak sesuai dengan kebiasaan pikiran dan perkataan Anda tersebut. Hal itu pasti akan lebih bermanfaat untuk memperlancar dan mempercepat laju perjalanan sukses Anda nantinya.

Salam Luar Biasa Prima!

2 comments:

Faif Yusuf said...

hm...

always inspiring...
positive thinking..positive feeling

thanks Pak Nano,
saya selalu menunggu tulisan Bapak

salam
faif

Agus Thoriq Huda said...

Pak Wuryo,
Artikel2 bapak ini memang inspiratif ...
Apa masih ingat dengan sy pak .....
Oh ya pak .. kapan sy bisa main ke tempat bapak ...
salam,
Agus Thoriq Huda
email: agus.huda@gmail.com