Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Thursday, July 16, 2009

Workshop Kepala Sekolah SMA Swasta se Jatim


Workshop yang digelar oleh Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, dengan tema: Ijin Pendirian / Perpanjangan Ijin Operasional Sekolah Swasta Tahun 2009, mengundang Kepala Sekolah SMA Swasta se Jawa Timur. Workshop berlangsung selama 3 hari 2 malam, mulai Rabu, 15 Juli sampai dengan Jum'at, 17 Juli ini mengundang saya untuk memberikan pelatihan kepemimpinan kepada para Kepala Sekolah Swasta se Jawa Timur ini, pada hari Kamis, 16 Juli 2009.








Pelatihan kepemimpinan yang saya bawakan kali ini mengusung tema: "Menjadi Pemimpin Inspiratif" ...guna membekali para Kepala Sekolah Swasta agar bisa memimpin Sekolahnya lebih baik lagi dan tentu saja bisa menjadi INSPIRATIF dalam menggulirkan perubahan positif, mengingat semakin ketatnya persaingan di dunia pendidikan, antara sekolah swasta-swasta, maupun swasta-negeri, bahkan antara sekolah negeri-negeri. Kelihatannya Departemen Pendidikan Nasional menginginkan adanya kompetisi secara sehat dan terbuka diantara sekolah-sekolah, khususnya di Jawa Timur, dan sekolah di seluruh Indonesia pada umumnya. Saya pikir ini hal baik sekali untuk dilakukan oleh semua sekolah agar terpacu menunjukkan kinerja terbaiknya.










Workshop saya kali ini dihadiri oleh 200 Kepala Sekolah SMA Swasta di Jawa Timur. Yang unik, sebagian besar peserta workshop (90%) adalah Kepala Sekolah yang telah berusia di atas 50 tahun...dan peserta tertua sudah berusia 74 tahun...yang sudah jadi Kepala Sekolah sejak tahun 1977, dimana pada saat itu saya masih pertama kali masuk sekolah SMP Negeri 10 Surabaya... Luar Biasa Prima!








Secara pengalaman, para Kepala Sekolah ini sebenarnya sudah pernah mengikuti workshop yang berkaitan dengan manajemen sekolah, berbagai aturan main di sekolah, termasuk tentang perijinan dan perpanjangan ijin operasional seperti saat ini. Namun belum pernah mereka mengikuti workshop kepemimpinan seperti yang saya bawakan ini, "Menjadi Pemimpin Inspiratif" ...ini sesuatu hal sangat baru dan baik menurut mereka. Apalagi yang membawakan adalah Mr.WURYANANO...hehehehe... Luar Biasa Prima!












Menjadi pemimpin memang bukan perkara mudah, apalagi pemimpin yang bisa menginspirasi pengikutnya (baca: pegawainya, Red). Namun perlu diingat bahwa setiap orang adalah pemimpin...ini hal yang mesti dipahami lebih dulu. Yang lucu dari peserta workshop adalah pada awalnya hampir semuanya berlaku JAIM alias "Jaga Imej"...malu-malu jika saya minta melakukan sesuatu atau mengikuti instruksi saya...hahaha...maklum mereka kan semuanya punya posisi sebagai pemimpin sekolah, jadi mungkin saja di awalnya merasa harus JAIM. Tapi semuanya akhirnya mau terbuka, dan mengikuti workshop sesuai instruksi saya, kan memang saya pemimpin mereka di workshop ini...hehehe...pemimpin inspiratif dan motivatif, inilah yang saya coba bagikan kepada para Bapak dan Ibu Kepala Sekolah SMA se Jawa Timur ini.




Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 comment:

Budi Hermanto said...

Hmm..
Motivasi..
Memang tak mengenal usia ya mas..
Tanpa motivasi..
Hidup ini pasti tak kan indah..
Hehehe..
Met knal ya mas.. :D