Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Wednesday, October 3, 2007

TIPS: 10 LANGKAH MENGENDALIKAN DAN MENAHAN AMARAH...

Dear All My Friends,



Di bawah ini, saya tuliskan beberapa TIPS agar kita bisa mengendalikan dan menahan MARAH:


1. BERWUDHU & SHOLAT

  • Berwudhu akan mengurangi panasnya "bara" amarah di dalam hati. Dan, sholat akan membuat pernafasan Anda menjadi lebih pelan dan lebih rileks. Ini sebuah cara ampuh untuk menurunkan tekanan psikologis maupun stress.


2. LEBIH RELIGIUS

  • Jika selama ini Anda kurang aktif di pengajian ataupun kegiatan keagamaan lainnya, kenapa tidak segera memulainya lagi? Berada di Komunitas Spiritual, akan membantu diri kita mencapai prospek filosofi yang positif. Dan, ini pada akhirnya akan mengekang segala kesinisan, amarah, dan juga agresi.


3. SERINGLAH TERTAWA

  • Amarah dan humor memang tidak sama dan tak mungkin dalam satu waktu. Sehingga jika Anda mau tertawa, dan tak ada salahnya Anda menertawakan diri sendiri pada saat suasana mulai tidak mengenakkan hati...maka amarah yang siap keluar bakal mereda, jika Anda bisa menganggap tragedi itu hanyalah sebuah "banyolan" belaka.


4. MENDENGARKAN

  • Cobalah untuk menutup mulut, diam...mendengarkan. Sudah banyak bukti, bahwa diam sanggup meredam amarah, saat bersitegang dengan lawan bicara. Setelah itu, saat Anda berbicara, maka nada bicara Anda akan terdengar lebih bijak. Ini bisa membuat orang lain belajar kepada Anda.


5. TINGKATKAN EMPATI

  • Lihatlah situasinya menurut sudut pandang orang lain. Ini akan membuat Anda menemukan kecakapan baru, bahwa Anda bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Maka, orang lain akan lebih menghargai Anda.


6. MEMAAFKAN

  • Betapa pun Anda pernah luka di "hati" yang dalam membekas, cobalah untuk memaafkan...meskipun menurut Anda hal itu tidak mungkin untuk dimaafkan. Cobalah melepaskan amarah dengan memaafkannya. Percayalah, Anda akan merasakan "pelepasan beban" yang membuat hidup jauh lebih ringan untuk dijalani.


7. TOLERANSI

  • Belajar menerima orang lain seperti apa adanya, bukan ingin menjadikan mereka sesuai kehendak Anda. Dengan sikap toleran ini, maka pada saat Anda berbicara, itu akan lebih didengarkan oleh orang lain.


8. MILIKI SAHABAT KARIB

  • Seorang sahabat karib, bisa dipercaya, dan dapat memberikan dukungan buat Anda, pada saat diperlukan. Sahabat juga tempat untuk berbagi. Dengan berbagi, gemuruh amarah akan menemukan pelepasannya, sehingga bisa diredakan.


9. BAHASA POSITIF & LUGAS

  • Meskipun marah karena merasakan ketidak adilan pada diri Anda, tetaplah fokus dan selektif. Gunakan bahasa positif namun lugas, simple, dengan nada suara yang rendah. Ini bisa membuat rasa marah mereda, dan bicara Anda pun akan lebih diperhatikan, dibandingkan jika Anda mengungkapkannya dengan nada tinggi dan keras, apalagi jika sampai memaki dan menghujat...yang mana bisa saja "seluruh isi kebun binatang" keluar dari mulut Anda.


10. MEMELIHARA BINATANG

  • Nah, daripada "seluruh isi kebun binatang" keluar dari mulut Anda, saat marah...mendingan Anda memelihara hewan kesayangan. Ini tidak menuntut banyak, kecuali makanan dan perhatian. Memelihara hewan kesayangan adalah tindakan bagus dan baik, sebagai awal Anda untuk belajar memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Penelitian psikologis, menunjukkan bahwa secara fisik dan emosi, pemilik hewan kesayangan lebih baik, dibandingkan yang tidak memilikinya.



Demikian TIPS 10 LANGKAH MENGENDALIKAN & MENAHAN AMARAH ini. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, sesuai dengan keyakinan diri Anda sendiri.



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

4 comments:

Lanjar said...

Dh. Pak Wur.....

Terimakasih untuk postingan artikelnya, sangat bermanfaat sekali terutama untuk saya pribadi. Karena saya termasuk orang yang mudah emosi, juga moody-an. Selama setiap saya marah atau merasa tersinggung, yang terlontar dari mulut saya adalah kata-kata yang pedas kalo orang jawa bilang nyelekit, halus tapi kena/menyakitkan. Mungkin selama ini saya tidak menyadarinya, tapi setelah mendapat masukan dari beberapa teman dan sodara dan setelah saya renungkan serta flashback kembali memang cenderung seperti itu.
Tapi seiring berjalannya waktu dan belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain serta bertambahnya pergaulan/teman saya berusaha untuk bisa mengendalikan emosi saya agar lebih stabil.

Dan 10 tips dari bapak memang manjur menurut saya, paling tidak beberapa sudah saya refleksikan dalam kehidupan saya. Berwudlu dan sholat adalah salah satu hal yang sangat bisa mententramkan hati, di saat sholat kita bisa mengadu sama Allah apa yang ada di benak kita.

Kalo dulu setiap saya marah ato mendapat masalah yang membangkitkan emosi selalu saya luapkan dengan kata-kata dan curhat ke teman/sahabat tapi sekarang saya usahakan untuk lebih dulu curhat sama Allah apalagi jika masalah itu menurut saya berat.

Boleh dong Pak, posting lagi artikel2 yang bisa memperkaya ilmu batin kita, karena menurut saya semua dimulai dari dalam hati kita dulu. Terutama dalam kesabaran, ketabahan dan keikhlasan, kelihatannya simple Pak tapi sangat berat untuk merefleksikan dalam kehidupan butuh waktu dan ketekunan.

Salam
Lanjar
(lanjar@sejatigroup.com)

Maranzano said...

hehe... beberapa membantu saya, tp ada beberapa jg yg memperburuk, misalnya saat saya marah, saya coba diam dan mendengarkan, tp yg terjadi malah semakin lawab bicara saya berbicara semakin banyak, semakin emosi saya besar dan akhirnya meledak, lalu untuk memelihara binatang, yg ada saya malah menganiaya binatang itu saat saya marah. tp ada jg yg bs membantu saya, mungkin solat, wudlu, ikut pengajian bs sangat membantu. yg berhasil : no 1, 2, 5 (tp sulit), 6 (satupun belum bisa) terus yg tidak berhasil nomer 3 (ini malah membuat saya jd seperti orang gila), 4 (sudah saya jelaskan di atas), 7 (mungkin sebenarnya berhasil, tp saya tidak bisa melakukannya entah kenapa) 8 (yang ada sahabat saya pergi dari saya) 9 (klo ini kebiasaan saya tp tidak ada pengaruhnya, saya ga mengerti knp ini masuk ke tips ini) 10 ( sudah saya jelaskan di atas) tp untuk lebih jelasnya ttg masalah saya, saya akan senang sekali jika bapak mau mampir ke website saya, saya sudah tulis masalah saya di situ, berikut link nya : http://simon-maranzano.blogspot.com/ , mohon bantu saya dg memberi beberapa masukan

rosie said...

sangat inspiratif

Septin Gis Ferdiana said...

terimakasih, tulisan yang bagus :)