Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Friday, December 9, 2011

MENYEIMBANGKAN Kehidupan

Di saat ini terlihat betapa banyak orang menderita kasus ketidakseimbangan, seperti tidak seimbang secara mental ... spiritual ... finansial ... dan fisik. Kelihatannya saat ini, sebagian orang lebih banyak yang KELUAR daripada yang MASUK. Secara alami, apabila tidak seimbang, kita terombang-ambing dari satu sisi ke sisi yang lain, hanya menunggu angin kencang atau gelombang besar menghantam dan akhirnya menghancurkan kita. Tetapi bila seimbang, kita kokoh ... stabil ... berdiri tegak ... dan lebih teguh, apa pun kondisi cuacanya.

Orang yang hidupnya tidak seimbang, berarti menunggu terjadinya bencana. Lihatlah apa yng terjadi pada banyak orang terkenal yang "memiliki segalanya" ... mereka kehilangan segalanya ketika hidup mereka kehilangan keseimbangan.


Elvis Presley, penyanyi dengan rekor penjualan album rekaman lebih banyak daripada siapa pun sepanjang sejarah, meninggal dunia pada usia 42 tahun, karena penyalahgunaan obat-obatan. Marilyn Monroe, wanita tercantik di dunia pada saat itu, tewas bunuh diri sebelum ulang tahunnya yang ke 40 karena depresi. Dan yang terbaru, Whitney Houston, penyanyi, aktris dan produser ternama, juga meninggal dunia dalam keadaan miskin pada 11 Februari 2012, sebelum ulang tahunnya yang ke 49, tenggelam di bak mandinya di hotel, karena pingsan akibat penyalahgunaan obat-obatan. Sebenarnya masih banyak lagi contoh lainnya, mungkin Anda bisa mencarinya sendiri, termasuk mereka yang berada di negara Indonesia ini. Itulah contoh-contoh orang terkenal di dunia yang merusak dirinya karena kurang seimbang dalam hidup.

Dalam kenyataan kehidupan, angin kencang dan gelombang badai yang datang tiba-tiba, bisa menghantam kita tanpa peringatan lebih dulu. Kita bisa saja berakhir dengan jatuh terjerembab menghantam bumi, tetapi jika memiliki keseimbangan dalam hidup, kita bisa tegak kembali dengan cepat dan melanjutkan perjalanan menuju tujuan kita. Itulah sebabnya keseimbangan itu sangat penting, bahkan keseimbangan juga sangat penting bagi kesehatan kita dalam melakukan perjalanan hidup ini.

Dalam hidup ini, untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, berarti Anda harus menyerahkan beberapa hal, karena hal-hal itu membuat Anda miring ke satu sisi ... dan harus menambahkan beberapa hal lain agar dapat tetap berdiri tegak dan kokoh apa pun kondisinya. Dengan kata lain, Anda harus menyerahkan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Keseimbangan yang tepat adalah penting untuk menjaga segala sesuatu di dunia ini berjalan lancar. Apabila keseimbangan alam tidak selaras, tumbuhan dan hewan bahkan manusia akan mengalami kepunahan. Keseimbangan adalah hukum TUHAN yang kekal, berlaku bagi seluruh alam semesta ini. Jika kita mengganggu hukum itu, maka risikonya pasti kita tanggung sendiri.

Untuk memahami keseimbangan ini bisa mengambil contoh pada saat Anda pertama kali belajar bersepeda. Apakah Anda ingat ketika pertama kali belajar bagaimana cara bersepeda? Apa yang terjadi ketika Anda terlalu miring ke satu sisi? Anda jatuh, bukan? Ketika Anda terlalu miring ke sisi yang lain, Anda jatuh lagi. Akhirnya, dengan mencoba-coba ... dan banyak latihan ... dan lecet-lecet di lutut dan tangan, Anda belajar, Pertama, Nilai Keseimbangan ... dan Kedua, Bagaimana Menjaga Keseimbangan.

Lihat ... setelah belajar bagaimana menyeimbangkan titik pusat yang sebenarnya di tengah sepeda, Anda bisa bersepeda dengan jarak tempuh jauh sekali tanpa pernah jatuh! Apakah Anda ingat perasaan itu? Suatu prestasi yang hebat, bukan? Tentu saja! Itulah yang terjadi jika Anda mendapatkan Keseimbangan Hidup.

Hidup layaknya seperti bersepeda. Jika tidak seimbang dalam hidup, Anda akan jatuh, dan itu berarti Anda tidak bisa mencapai tujuan Anda ... dan tidak dapat menikmati perjalanan hidup. Mungkin timbul pertanyaan dalam diri Anda, "Apa hubungan keseimbangan dengan hidup Anda? Jawabannya adalah: "SEGALANYA." Dengan keseimbangan hidup, Anda meningkatkan nilai tambah dalam segala bidang dalam kehidupan Anda secara dramatis, bukan hanya jumlah uang di rekening Bank Anda, melainkan segala aspek hidup Anda akan meningkat drastis. Tujuan Anda akan tercapai dengan gemilang, dan tujuan ini juga menghasilkan keseimbangan pada hidup Anda.

Saya ingin mengingatkan Anda, ada Lima Bidang Utama dalam hidup yang memberi Anda keseimbangan. Dan kunci untuk menyeimbangkan hidup Anda adalah jumlah WAKTU dan PERHATIAN yang sama untuk masing-masing bidang utama tersebut di bawah ini:

  • Satu : IMAN
    • Iman merupakan pusat dan inti keseimbangan hidup, dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan, dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Hanya karena kita tidak dapat melihat TUHAN, tidak berarti DIA tidak ada, bukan? Orang mau berdoa itu juga membuktikan bahwa Iman itu sangat penting sebagai pusat keseimbangan hidup.
    • Orang yang tidak berdoa, mungkin saja tahu tentang TUHAN, tetapi hanya orang yang berdoa bisa mengenal TUHAN.
  • Dua : KELUARGA
    • Saya heran melihat sebagian orang yang saya kenal, tidak dekat dengan keluarganya, bahkan lebih buruk lagi, tidak berbicara dengan orang tuanya, dengan ibu dan bapaknya.
    • Sedih bila melihat orang menyia-nyiakan dan mengabaikan keluarganya. Mengabaikan anak, mengabaikan orang tua, atau mengabaikan pasangan ... adalah bentuk kekerasan terbesar di dunia saat ini.
    • Pikirkanlah ... orang tua meletakkan dasar untuk segala hal pada diri Anda sekarang dan yang akan datang. Tidak ada orang tua yang jahat atau kasar. Anda berhutang kepada mereka, bukan hanya kasih sayang, tetapi juga rasa hormat, dan kebaikan. Tragis sekali, jika orang perlu diingatkan bahwa keluarga yang harmonis dan kuat adalah komposisi utama untuk kehidupan yang seimbang.
  • Tiga : KESEHATAN
    • "Apabila mendapatkan kesehatan, Anda mendapatkan segalanya." Mengherankan, masih begitu banyak orang yang dengan sadar lebih memilih membahayakan kesehatannya daripada menjaganya tetap bugar.
    • Anda bisa saja jatuh sakit bukan karena kesalahan Anda sendiri, seperti terkena cacar air, atau seperti yang pernah terjadi pada diri saya sendiri, operasi amandel saat saya masih kecil.
    • Tetapi lain halnya jika orang terkena emfisema karena merokok, seperti yang terjadi pada almarhum Bapak saya sendiri. Perokok tidaklah mulai dengan paru-paru buruk. Perokok membuat pilihan yang menyebabkan paru-paru rusak.
    • Orang yang menyalahgunakan tubuhnya, tidak memberikan keseimbangan pada hidup. Mereka dengan suka rela dan sengaja melemparkan kesehatan dan kehidupan ... KELUAR dari keseimbangan.
  • Empat : SAHABAT
    • Persahabatan sangat penting untuk menyeimbangkan hidup, dan persahabatan juga dapat membantu sahabat untuk menyeimbangkan hidupnya.
    • Anda bisa memilih sahabat. Persahabatan adalah jenis hubungan yang sangat istimewa karena sangat sukarela. Dan itu masalah pilihan, bukan kebetulan! Karena sahabat mempunyai pengaruh pada kehidupan, kita memiliki tanggung jawab pribadi untuk memilih mereka dengan sangat hati-hati.
    • Seseorang dapat diketahui seberapa kualitas dirinya berdasarkan siapa yang menjadi sahabatnya.
  • Lima : KEUANGAN
    • Uang dapat bermakna kebebasan. Pada prinsipnya, uang adalah kebebasan untuk membuat pilihan sendiri, daripada orang lain yang memilihkan untuk Anda! Sederhana saja. Bagaimana Anda bisa menambahkan keseimbangan pada hidup, jika terlalu sibuk bekerja untuk mencukupi kebutuhan, hingga tidak ada waktu tersisa? Bagaimana Anda bisa menambahkan keseimbangan pada hidup, jika hidup dari uluran belas kasihan orang lain?
    • Anda tidak bisa mendapatkan keseimbangan jika finansial Anda runtuh! Seperti kata pepatah: "Jika pengeluaran melebihi pemasukan, maka biaya pemeliharaan akan menjadi kehancuran Anda."
    • Anda harus memahami tentang peranan uang yang penting dalam membawa keseimbangan hidup.

Hal sangat penting yang harus selalu Anda ingat dan pahami adalah KESEIMBANGAN dalam HIDUP itu HARUS ADA. Anda tidak bisa begitu sembarangan dalam menjalani kehidupan tanpa menciptakan keseimbangan, karena dampaknya sangat tragis bagi kehidupan Anda, jika keseimbangan hidup Anda terganggu. Mulailah menciptakan keseimbangan dalam hidup Anda dan terus meneruslah menjaga keseimbangan itu, sehingga hidup Anda kokoh tak tergoyahkan, meskipun gelombang badai kehidupan menerjang Anda, Anda tetap tegar berdiri ... stabil melangkah dan menikmati perjalanan hidup Anda.


Salam Luar Biasa Prima!
Twitter: @Wuryanano

No comments: