Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Monday, December 14, 2009

Apa BISNIS Anda di Tahun 2010 Mendatang?



Apa BISNIS Anda di tahun 2010 Mendatang? Ini adalah Tema Seminar Kewirausahaan Nasional yang digelar oleh Majalah Wirausaha & Keuangan bersama dengan BRI, pada Sabtu, 12 Desember 2009, menghadirkan 8 Pembicara Entrepreneurship Nasional, bertempat di Deteksi Room Lantai 3, Gedung Graha Pena Surabaya, yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang. Saya termasuk salah seorang dari 8 Pembicara itu.

Bicara mengenai bisnis, memang sangat menyenangkan bagi saya pribadi. Ini karena sejak tahun 1991 saya sudah mulai berbisnis, sehingga jika omong-omong tentang bisnis, model omongan macam apa pun... pokoknya tentang hal seputar bisnis, pasti sangat menyenangkan hati saya. Rasanya gimana gitu, jika bicara seputar dunia bisnis... pokoknya asyik lah. Nah, bagi Anda yang belum pernah merasakan asyiknya berbisnis, tentu saja Anda belum bisa merasakan PASSION nikmatnya menjalankan bisnis... hehehe... Oleh karena itu, saya ingin berbagi dengan Anda, yang tidak berkesempatan hadir di Seminar Kewirausahaan Nasional tersebut, lewat tulisan saya ini.





Bicara tentang Memulai Bisnis, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang TAKUT untuk memulai bisnis sendiri. Beberapa hal ini menjadi pertimbangan untuk memulai bisnis, sekaligus juga menjadi penyebab takutnya seseorang berbisnis, yaitu:



  • Kemampuan Mencari Modal


  • Ketrampilan Manajemen


  • Ketrampilan Teknis


  • Ketrampilan Komersial


  • Kontak dengan Industri


  • Kemauan dan Kemampuan Mendengarkan


Keenam point di atas itulah, yang sebagian besar orang merasa tidak mampu untuk melakukannya, sehingga hal itu menjadi alasan untuk TIDAK BERANI memulai bisnis sendiri. Penyebab rasa takut memulai bisnis inilah yang harus saya informasikan kepada para peserta seminar, yang sebagian memang masih belum memiliki bisnis sendiri. Dengan mengetahui terlebih dulu hal-hal yang ditakutkan, maka diharapkan mereka lebih siap mental dan bisa memahami cara-cara selanjutnya untuk menggantikan rasa takut itu menjadi rasa berani! Yaa, BERANI itulah sebenarnya pokok permasalahan untuk memulai berbisnis sendiri.


Disini perlu dipahami juga, bahwa dengan BERANI saja belumlah cukup untuk memulai berbisnis. BERANI itu baru spirit awal yang diperlukan seseorang untuk bisa memulai bisnis! Masih ada spirit lainnya yang semestinya juga dimiliki agar bisnis yang kelak dijalankannya bisa terus bergerak maju secara progresif dan menguntungkan.


Berdasarkan pengalaman selama ini, saya sering menemui mereka yang baru mulai melangkah berbisnis hanya punya BERANI, dan akhirnya harus "gulung tikar" bisnisnya dengan setumpuk hutang yang harus dilunasinya. Karena apa? Itu karena mereka sangat termotivasi untuk memulai berbisnis dengan berani setelah hadir di seminar-seminar motivasi bisnis yang membakar semangat keberanian peserta untuk berbisnis sendiri... tanpa tahu hal-hal lain yang semestinya juga dilakukan... selain BERANI.


BERANI memang baik saja dipunyai setiap orang... apalagi BERANI karena benar ya... hahaha... bukan berani karena dibayar orang... haallaaa... Ingatlah pesan bijak ini, bahwa TIDAK ADA SUKSES TANPA PERSIAPAN SEBELUMNYA... itu bermakna bahwa kalau kita mau sukses, yaa mesti kita persiapkan dulu, hal-hal apa yang harus kita lakukan... dan itu bukan hanya sekedar BERANI saja! Ada hal lainnya untuk dilaksanakan agar hasilnya sesuai yang diharapkan, atau setidaknya hasilnya itu sudah bisa mendekati harapan kita, meskipun tidak tepat benar!

Nah, setelah BERANI, saya katakan kepada peserta seminar bahwa ada cara yang LEBIH CERDAS untuk memulai sebuah bisnis, yang lebih dikenal dengan Konsep SMARTER. Terjemahan SMARTER memang LEBIH CERDAS, namun ini juga sebuah konsep persiapan memulai bisnis yang sudah terbukti selama puluhan tahun, dan saya juga telah melakukannya... dan... berhasil...!!!


Inilah Konsep S.M.A.R.T.E.R Business:


  • Specific = tulislah bisnis apa yang ingin Anda tekuni secara jelas, khusus, sampai sedetil-detilnya, termasuk seberapa besar omzet, jumlah karyawan, perlengkapan bisnis, dan lain sebagainya. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan. Pada awalnya mungkin saja Anda merasa kesulitan, namun yakinlah bahwa kesulitan itu hanyalah di awal saja... selanjutnya pasti akan mudah saja.


  • Measurable = setelah Anda berhasil pada tahap "Specific", maka Anda bisa mengukur potensi diri Anda ke arah sana. Pelajari dengan seksama hal-hal yang sudah Anda tuliskan di dalam "Specific" tersebut. Anda harus yakin pada potensi diri Anda untuk memulai bisnis sudah sesuai dengan rencana yang jelas itu. Learning by doing!


  • Attainable = jika sudah yakin dengan potensi diri, dan Anda memang sudah serius mendalami segala hal tentang bisnis Anda ini, maka itu artinya bisnis Anda memang pasti bisa Anda raih, karena memang itu sudah sesuai dengan kapasitas diri Anda.


  • Realistic = sekarang saatnya Anda harus bertindak untuk mencapai sukses bisnis Anda ini, karena bisnis Anda sudah benar-benar bisa segera diwujudkan secara nyata dengan jalan Take Action!


  • Time Based = Anda juga harus menetapkan BATAS WAKTU tertentu secara jelas dan pasti, kapan bisnis Anda itu bisa mencapai "break event point" atau balik modal, dan selanjutnya terus menguntungkan. Atau bisa juga Anda menetapkan sampai kapan Anda bisa mampu menanggung kerugian saat memulai bisnis ini. Batas Waktu ini penting dan akan memotivasi Anda untuk selalu semangat menepatinya.


  • Exciting = ini perlu saya ingatkan kepada Anda, bagaimana pun juga Anda harus bisa menjaga pikiran dan hati Anda agar bisa tetap bergembira dan bersenang-senang dengan segala rancangan bisnis Anda tersebut. Jangan sampai Anda malah merasakan BEBAN BERAT setelah Anda berhasil merancang bisnis ini. Tetaplah bersikap menyenangkan dalam meraih target bisnis Anda itu. Bisnis itu sebuah permainan, maka bersenang-senanglah dalam meraih sasaran bisnis Anda.


  • Reward = terakhir yang tidak kalah penting adalah: Anda juga harus menetapkan sebuah penghargaan buat diri Anda sendiri, jika bisnis yang Anda jalankan ini sesuai dengan target tujuan Anda. Harus ada HADIAH untuk diri Anda sendiri, yang tentu saja Anda sendiri lah yang menyiapkan hadiahnya... bukan saya lho ya...hehehe... Ini sangat penting bagi pikiran bawah sadar Anda. Dengan adanya HADIAH, maka pikiran bawah sadar Anda akan semakin kuat menerimanya sebagai "emotional anchor" atau "jangkar emosi", yang berguna pada saat Anda sedang loyo karena bisnis lagi sepi, maka "jangkar emosi" kemenangan ini bisa Anda bangkitkan kembali untuk menggairahkan semangat Anda dalam berbisnis... bahwa Anda adalah seorang Pemenang!

Bisnis memang selalu tidak terlihat logis pada saat awalnya. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan Kekuatan IMAJINASI Anda untuk merancang sebuah bisnis dengan cara S.M.A.R.T.E.R ini. Gunakanlah Daya Imajinasi Anda, seperti yang dikatakan oleh Albert Einstain, "Imajinasi itu lebih kuat daripada ilmu pengetahuan." Itu memang benar adanya, karena sejatinya memang Imajinasi timbul lebih dulu... baru kemudian bisa dijabarkan teorinya yang disebut ilmu pengetahuan. Thomas Alfa Edison pun sebelumnya tidak pernah tahu ilmu pengetahuan cara membuat bola lampu pijar listrik, namun dengan imajinasinya, akhirnya setelah mencoba ribuan kali... dia berhasil menemukan cara tepat membuat bola lampu pijar listrik ini, dan muncullah ilmu pengetahuan membuat bola lampu pijar listrik.


Saya juga mengingatkan, jika sudah berhasil memulai bisnis, maka harus juga dipikirkan, bagaimana bisnis Anda bisa jalan... dan Anda bisa jalan-jalan! Menjadi pebisnis jangan sampai Anda hanya berkutat sendirian menjalankan bisnis Anda, tanpa pernah punya waktu untuk bisa bersantai bersama keluarga, dan jalan-jalan wisata liburan. Oleh sebab itu, Anda juga harus memikirkan untuk membentuk TEAM WORK di dalam bisnis Anda itu.


Perencanaan sumberdaya manusia sangat penting untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda. Rencanakan Team Work Anda dengan berani melakukan rekrutmen pegawai yang sesuai dengan kriteria bisnis maupun pribadi Anda. Kemudian Anda juga harus memberikan pelatihan dan motivasi kepada para pegawai Anda. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalani kehidupan baru sebagai seorang Entrepreneur Sejati. "Suatu Usaha baru menunjukkan hasil, jika seseorang tidak mau berhenti", kata Napoleon Hill, seorang penulis buku motivasi dan motivator dunia.


Menjadi seorang Entrepreneur memang harus memiliki Entrepreneur Spirit yang bisa membawanya menuju kesuksesan berbisnis... Successful Entrepreneur Spirit memang semestinya dimiliki oleh setiap orang di negeri ini. Negeri Indonesia ini pasti akan cepat bangkit dan makin makmur berkelimpahan rejeki, jika setiap warga negara memiliki sikap seorang Entrepreneur Sejati. Ayoo... selalu PASSION dalam menjalani kehidupan yang penuh makna ini. Buanglah segala hal negatif dari pikiran dan hati kita. Ayoo... Cincingkan lengan baju...! Mari bersama-sama kita bangkitkan Mental Entrepreneurship di negeri tercinta ini! Tetap PASSION...!!!



Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

No comments: