Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Thursday, April 16, 2009

MENGATASI Berbagai HALANGAN Dalam Berbisnis


Sebenarnya yang MENGHALANGI orang untuk memulai BERBISNIS hanya ada SATU ALASAN, yaitu TIDAK PUNYA KEBERANIAN. Menurut saya, ini alasan yang sudah KLISE, tapi meskipun sudah 'klise'...ternyata alasan tidak punya keberanian memulai bisnis MASIH SANGAT AMPUH dampaknya...masih sanggup membuat orang MUNDUR dari langkah menuju dunia entrepreneurship.


Dan...alasan utama orang gagal memulai bisnis adalah masalah MODAL UANG. Dari mana modal uang untuk memulai bisnis? Memang saya tidak mengatakan bahwa sangat gampang memperoleh modal uang. Hal ini disebabkan oleh masalah KEPERCAYAAN orang lain kepada diri kita...sejauh mana kita punya INTEGRITAS sehingga benar-benar bisa dipercaya orang lain. Nah membangun INTEGRITAS DIRI inilah yang harus kita lakukan secara terus menerus, jika kita ingin memulai dan mengembangkan bisnis kita...apalagi jika kita butuh suntikan modal uang dari pihak lain.


Jika Anda sudah ingin memulai bisnis sendiri, sedangkan modal uang hanya pas-pasan..modal cekak, sebenarnya Anda bisa mencoba memilih bisnis yang tidak butuh modal uang besar. Anda memang harus bersikap realistis, tapi juga harus tetap punya visi bisnis ke depan yang besar. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah, Anda TIDAK MALU untuk memulai bisnisdengan modal seadanya, MODAL KECIL, atau bahkan dengan MODAL NOL.


Nah, setelah Anda punya KEBERANIAN untuk memulai melangkahkan kaki di dunia bisnis, dan mau memupuk INTEGRITAS DIRI agar orang lain percaya kepada Anda, serta Anda TIDAK MALU untuk memulai bisnis dengan MODAL KECIL atau MODAL NOL, maka selanjutnya Anda bisa mulai menjalankan bisnis dengan cara seperti berikut ini:



  • Pembayaran Pesanan di Awal: Pelanggan Anda membayar pesanannya lebih dulu (down payment) ke Anda.

  • Kerja sama Modal: Partner bisnis Anda mau menanamkan modal uangnya sebagai investor di bisnis Anda.

  • Bagi Hasil: Anda bisa dipercaya untuk memasarkan produk rekanan Anda, tanpa membayar dengan sistem bagi hasil.

  • Menjadi Perantara: Anda pun bisa berbisnis sebagai perantara (broker), yang bisa memperoleh komisi atas penjualan bisnis yang telah Anda lakukan...tanpa perlu membeli produknya.

  • Barter dengan Pemasok: Bisa saja Anda melakukan sistem barter (saling tukar barang yang senilai) dengan pemasok produk Anda.

  • Membayar Pemasok di Akhir: Anda bisa negosiasi untuk membayar ke pemasok, sekian waktu lamanya atau bahkan setelah produk Anda terjual.

  • Menjadi Konsultan: Anda juga bisa menjadi konsultan bisnis yang Anda kuasai, dengan bayaran tertentu yang disepakati.



Perlu Anda ketahui, bahwa cara berbisnis seperti uraian saya di atas itu sudah dilakukan oleh para Entrepreneur sejak dulu. Bahkan pada skala bisnis besar pun, cara seperti tersebut juga masih dilakukan sampai sekarang ini.


Ingatlah ini, untuk memulai bisnis, SENJATA PERTAMA yang harus Anda miliki adalah KEBERANIAN. Keberanian akan memupuk dan memunculkan sikap-sikap positif lainnya seperti: PERCAYA DIRI, KREATIF, TEKUN, ULET, SABAR dan TAWAKAL pada diri Anda. Pada gilirannya, sikap-sikap positif semacam ini akan membawa Anda menuju SUKSES seperti yang Anda impikan selama ini... berhasil mengatasi berbagai halangan dalam berbisnis, dan Anda menjadi PENGUSAHA TANGGUH, SUKSES dan BERBUDI PEKERTI LUHUR.



Salam Luar Biasa Prima!


Wuryanano

3 comments:

GROSIR JILBAB said...

Tidak punya keberanian berbisnis tidak hanya di masalah modal namun masalah budaya terutama di lingkungan keluarga yang masih menganggap menjadi pegawai lebih aman dan terjamin.

Unknown said...

makasih yah kak... wow artikelnya menarik skali... btw kapan2 maen ya k http://cheyaassesoris.blogspot.com :D

Cheya said...

wah artikel y menarik... makasih kak dah link... maaf ru bls :D kpn2 maen ya k http://cheyaassesoris.blogspot.com hehehe