Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Monday, October 6, 2008

Sedikit Lebih SERIUS BERBISNIS...


Semangat berwirausaha di negeri ini boleh kita acungi "two thumbs-up" lah. Era kebangkitan dunia kewirausahaan Indonesia memang sangat patut dicanangkan pada tahun 2008 ini. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi mengenai beberapa hal, yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi para pelaku bisnis sektor usaha kecil dan menengah (UKM), terutama bagi rekan-rekan yang baru memulai berbisnis...dan ingin lebih mengembangkan bisnisnya...


Ada beberapa hal perlu diketahui para pelaku bisnis UKM ini, yang mungkin saja masih terabaikan atau saat ini masih belum sempat dipikirkan untuk dilakukan. Jika Anda ingin sedikit lebih serius berbisnis, ada baiknya Anda perhatikan dan lakukan hal-hal seperti di bawah ini:



INVENTARISASI ASSETS:


  • Assets tidak berwujud (intangible), seperti: pengalaman detil dalam bisnis Anda, network (jaringan) berupa pelanggan Anda, supplier tempat membeli barang-barang kebutuhan bisnis Anda, cara dan gaya serta strategi tim marketing, pendelegasian tugas, dan sebagainya.

  • Assets berwujud (tangible), seperti kantor dan perlengkapannya, kendaraan operasional (mobil dan motor), stock barang dan perlengkapannya yang belum terjual, modal kerja yang berputar, hutang dan piutang Anda (ini wujud kepercayaan pihak ketiga kepada Anda), dan sebagainya.


ANALISA USAHA:

Analisa usaha yang paling populer memakai Sistem Analisa SWOT, terdiri dari:


  • Internal: Strenght and Weakness, yaitu: menginventarisasikan kekuatan dan kelemahan dari usaha Anda, dari para pengelolanya, cara mengelolanya, produk yang dijual, cara menjualnya, manajemen keuangannya, manajemen sumber daya manusianya, dan sebagainya.

  • External: Opportunity and Threat, yaitu: menginventarisasikan kesempatan-kesempatan yang ada, dan akan diberikan oleh pihak lain untuk mengembangkan usaha maupun mengembangkan para pengelolanya dengan tujuan akhir meningkatkan profit; serta ancaman-ancaman dengan berbagai bentuknya, yang datang dari luar, dan ada kemungkinan mengancam perkembangan usaha bahkan kelangsungan hidup usaha Anda.


RISET PASAR:


  • Berdasarkan analisa tadi, Anda lakukan Riset Pasar untuk alternatif pengembangan dan diversifikasi usaha Anda. Misalnya Anda bisa memperbesar pangsa pasar dari usaha Anda untuk kalangan yang lebih luas lagi, menambah jumlah dan macam item barang yang Anda jual, dan sebagainya.


DUKUNGAN BANK:


  • Soal dukungan Bank untuk mengembangkan usaha Anda, memang diperlukan suatu Jaminan dan Agunan dari Anda. Meskipun pada dasarnya hal itu bukanlah merupakan "syarat mutlak" bagi Bank (tidak selalu di-approve, meskipun nilai jaminan dan agunan layak) dalam memberikan fasilitas Kredit pada nasabah. Oleh karena itu sangat bergantung pada penilaian Bank terhadap Karakter dan Kapasitas Anda serta Prospek Bisnis Anda. Tingkat Kepercayaan Bank terhadap Anda biasanya dinilai dari "track record" Anda dalam berbisnis, termasuk hubungan Anda dengan para rekanan bisnis Anda, seperti supplier Anda selama ini. Jadi masalah dapat dipercaya dan bisa menjadi kepercayaan adalah hal penting dalam penilaian Bank...dan itu biasanya hanya dapat diperoleh dengan WAKTU yang berjalan seiring dengan usaha Anda.


BERSAHABAT DENGAN BANK:


  • Bank pasti akan mengucurkan kreditnya untuk membiayai usaha Anda, jika Anda bukan pemula dalam mengelola bisnis. Oleh sebab itu menjalin "persahabatan" dengan Bank memang penting. Jadilah nasabah yang baik, binalah hubungan baik dengan petugas Bank dan belajarlah dari mereka terkait dengan usaha Anda. Ajukanlah permohonan modal kerja untuk pengembangan usaha dengan menyajikan data usaha dan jaminan serta agunan sesuai dengan persyaratan Bank bersangkutan. Jika semua ini sudah Anda lakukan, pasti Bank akan melayani Anda, dan menawarkan fasilitas kredit dengan skim yang cocok dengan usaha dan cash flow Anda. Apalagi saat ini Pemerintah kita sedang giat dan gencar menggiatkan para pelaku usaha sektor UKM untuk pengembangannya. Pemerintah sedang berpihak pada UKM, maka Anda bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha Anda.


Ok, semoga usaha Anda semakin maju pesat meraih kesuksesan. Sukses selalu buat UKM Indonesia.


Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

4 comments:

Agus Riyanto said...

Terima kasih atas uraiannya yang sangat gamblang pak...

Semoga tulisan ini akan memacu generasi muda untuk bisa menjadi entrepreneur, sehingga bisa menjadi solusi (minimal bagi dirinya sendiri) dalam mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yang entah kapan bisa tuntas teratasi. Kita bisa melihat berapa juta lulusan baru yang beterbangan mencari kerja dan berapa persen dari mereka yang terserap...

Bravo untuk Pak Wuryanano.
Salam Luar Biasa Prima!

Condra said...

subhanallah...mantap sekali pak...terima kasih pak...

salam,
Condra

pakde said...

Thanks untuk experience sharring nya pak. Sangat bermanfaat nih!

Semoga saya makin betah bercengkrama dan bergumul dengan bank. he he he

supermoms said...

Salah satu SUHUnya para pemula bisnis di JATIM
saya setuju bhw semasa muda kita harus berpeluh-keluh, bukan berkelu-keluh
demi masa depan para malaikat kecil-ku, demi orang-orang tercinta yg selalu berdendang lagu cinta
ini IBADAH, i love it.... Barrakallah...