Selamat Datang di Blog WURYANANO

Silakan Anda membaca Artikel di Blog ini dengan rileks, tidak perlu terburu-buru. Banyak Artikel menarik dan bermanfaat buat peningkatan kualitas hidup Anda.

Silakan Anda menuliskan komentar atau pendapat di masing-masing Artikel yang telah Anda baca. Pendapat Anda akan semakin menambah perspektif bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Saya ini. Terima kasih sudah mau berbagi lewat komentar atau pendapat Anda di sini.


NOTES:

Blogspot Saya ini SUDAH TIDAK AKTIF sejak 5 Desember 2012. Tulisan Saya tentang Berita Kampus SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College menerima Kunjungan dari Kementerian Pendidikan Malaysia adalah sebagai penutup untuk Blogspot ini. Untuk membaca TULISAN Saya, Anda dapat mengunjungi Blog Saya di PORTAL BISNIS INDONESIA.

Tuesday, November 22, 2011

BERUBAH ... atau DIUBAH

Ingatkah Anda tentang kisah dua ekor katak yang dijatuhkan ke dalam dua panci di atas kompor. Katak pertama dijatuhkan ke dalam sepanci AIR PANAS, dan dia segera bereaksi terhadap panas, dengan melompat ke luar panci.


Katak kedua ditempatkan ke dalam panci berisi AIR DINGIN. Api kompor di bawahnya dinyalakan kecil ... lalu panasnya ditingkatkan secara perlahan sehingga suhu air meningkat satu derajat setiap waktu. Perubahan terjadi, tetapi perlahan, dan karena perubahannya perlahan, katak itu mengabaikannya. Dia tetap berada di dalam panci sampai suhu mencapai titik didih! Tentu saja katak itu mati!


Pesan moral dari kisah ini adalah BERUBAH ... atau DIUBAH. Katak Pertama BERUBAH. Dia melompat ke luar dari panci dan pergi agar tetap hidup di lain hari, tetapi Katak Kedua DIUBAH. Dia tetap berada di dalam air dan mengabaikan ... atau mungkin menyangkal perubahan yang bertahap pada suhu air sampai dia matang!


Kisah ini dengan jelas menggambarkan dua macam perubahan yang mendasar. Jenis Perubahan yang Pertama adalah perubahan yang kurang atau tidak bisa kita kendalikan, bisa disebut sebagai Perubahan Eksternal. Secara umum, perubahan eksternal adalah perubahan di dunia sekitar kita, seperti ekonomi atau kemajuan teknologi. Dalam kisah tentang katak tersebut, katak tidak berkuasa atas suhu air atau pun apakah mereka ingin atau tidak berada di dalam air. Kedua katak berada di dalam perubahan eksternal.


Jenis Perubahan yang Kedua adalah perubahan yang bisa dikendalikan, yaitu perubahan pada bagaimana kita merespons pada perubahan eksternal, ini bisa disebut sebagai Perubahan Internal. Perubahan internal termasuk perubahan pada sikap ... perubahan pada pendidikan ... perubahan pada gaya hidup, dan sebagainya. Dalam kisah katak, kedua katak berkuasa untuk tinggal di dalam air ... atau melompat keluar! Katak pertama memilih melompat keluar dari air panas dan menyelamatkan hidupnya. Katak kedua memilih mengabaikan peringatan, terlena dengan kondisi yang ada, dan ... dia membayar pilihan itu dengan nyawanya!


Pembaca budiman, ada kesamaan yang jelas antara kisah tentang dua katak dan apa yang terjadi di dunia sekitar kita, dan apa yang perlu dilakukan untuk bertahan hidup, untuk kesejahteraan dan kemakmuran hidup pada masa depan nanti. Perubahan bukanlah pilihan. Kita harus memanfaatkan perubahan dengan jalan menerimanya, daripada menunggu perubahan memanfaatkan kita. BERUBAH ... atau DIUBAH.



Salam Luar Biasa Prima!
Twitter: @Wuryanano

No comments: